icon-category Auto

Merawat Transmisi D-CVT Daihatsu, Cukup Cek Volume dan Kualitas Oli

  • 31 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Saat ini banyak mobil-mobil kekinian yang sudah mengusung transmisi CVT. Nama dan jenisnya pun beragam, seperti Daihatsu yang punya transmisi baru yang dinamakan D-CVT.

    Sebagai salah satu bagian penting dari mobil, transmisi berfungsi untuk meningkatkan kecepatan ataupun torsi. Oleh karenanya Daihatsu terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk, salah satunya adalah komponen transmisi.

    Dengan mengembangkan transmisi baru D-CVT atau Dual Mode Continuously Variable Transmission, akselerasi diklaim bakal lebih halus, rasio gigi lebih panjang, serta memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    BACA JUGA: Kemenhub Tunda Kenaikan Tarif Ojol, Ini Respons Gojek

    D-CVT adalah transmisi yang memiliki mekanisme kerja menggunakan belt/pulley seperti CVT konvensional lainya. Namun yang berbeda adalah kombinasinya dengan Planetary Gear.

    Perlu diketahui, saat ini ada beberapa tipe transmisi yang digunakan mobil-mobil di Indonesia seperti manual, otomatis, dan CVT.

    Penggunaan teknologi D-CVT juga tidak jauh berbeda dengan transmisi automatic pada umumnya, seperti tuas transmisi pada posisi D (drive) untuk melaju dan R (reverse) untuk mundur.

    Dan pada transmisi Daihatsu Rocky dilengkapi dengan posisi S (sport) yang berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi, juga posisi M (manual) yang memungkinkan driver dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual.

    Sedangkan khusus pada model New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake) untuk memaksimalkan engine brake ketika dalam kondisi jalanan menurun.

    Baca juga: Daihatsu Benamkan Mesin Baru di GranMax, Lebih Bertenaga!

    Dijelaskan Ben Faqih selaku People Development Department Head CSVC PT Astra Daihatsu Motor (ADM), merawat transmisi D-CVT pun terbilang mudah. Cukup 2 hal yang harus jadi perhatian utama, yaitu melakukan pengecekan volume dan kualitas oli secara berkala.

    Pengecekan sendiri bisa dilakukan setiap 20.000 KM atau 12 bulan. Sedangkan penggantian oli dilakukan setiap 80.000 KM atau 48 bulan, dengan melihat mana yang lebih dulu tercapai. 

    "Merawat transmisi D-CVT juga terbilang mudah, cukup 2 hal yang harus di pastikan yaitu melakukan pengecekan volume serta kualitas oli secara berkala," pungkas Ben Faqih, People Development Department Head CSVC PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam siaran persnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini