icon-category Auto

Merek Baru Berdatangan, Toyota Masih Dominan di Indonesia

  • 15 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Merek-merek baru boleh berdatangan, terutama gempuran dari pabrikan China. Namun ditengah semua itu, Toyota masih menjadi merek yang dominan di pasar otomotif Tanah Air.

Hal tersebut terlihat dari pencapaian penjualan Toyota selama Januari - November 2023 yang tercatat sebanyak 304.736 unit. Angka tersebut membuat Toyota menguasai pasar sebesar 33,12 persen.

Catatan positif ini berarti pula Toyota berhasil mempertahankan market share di atas 30 persen selama 5 tahun terakhir meskipun banyak APM baru hadir dan eksis di Indonesia.

Whole sales kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota periode Januari – November 2023 juga turut meningkat mencapai 33.603 unit dengan market share 54,3 persen. Naik lebih dari 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022.

Salah satu penopangnya adalah kehadiran All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV, yang membawa angin segar pada penjualan mobil ramah lingkungan Toyota di Indonesia.

Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto pun mengucapkan terima kasih atas loyalitas pelanggan yang memercayakan produk kami sebagai mobility solution.

Toyota juga mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim xEV yang semakin kondusif sehingga popularitas kendaraan elektrifikasi Toyota meningkat dan masyarakat masih mempercayai Toyota sebagai pilihan utama mobilitas.

“Kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai kebutuhan masyarakat, serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota,” jelas Henry.

Sepanjang tahun 2023 Toyota telah menghadirkan 13 model baru, baik model komersial, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi yang seluruhnya mendapatkan sambutan hangat dari pelanggan.

Sampai akhir November lalu, total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional mencapai 920.518 unit, sedikit lebih rendah dari periode yang sama tahun 2022 yaitu 942.686 unit.

Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota periode Januari – November 2023 adalah Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit.

Sedangkan total penjualan HEV Toyota tahun 2023 adalah 33.603 unit, sekitar 11 persen dari total sales Toyota tahun ini. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini