icon-category Telco

Merger Indosat-Tri Hasilkan Nama Indosat Ooredoo Hutchison, Ini Komentar Petinggi

  • 17 Sep 2021 WIB
  • Bagikan :

    (Foto ilustrasi: Uzone.id) 

    Uzone.id - PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I atau Tri) telah mengumumkan merger pada Kamis (16/9/2021).

    Grup Ooredoo saat ini memiliki 65 persen kepemilikan saham pengendali di Indosat Ooredoo melalui Ooredoo Asia, sebuah perusahaan induk yang dimiliki sepenuhnya.

    "Penggabungan Indosat dan Tri akan mengakibatkan CK Hutchison menerima saham baru yang diterbitkan di Indosat Ooredoo sebesar 21,8 persen dan PT Tiga Telekomunikasi Indonesia sebesar 10,8 persen dari bisnis Indosat Ooredoo Hutchison yang digabungkan," tulis pernyataan perusahaan yang disampaikan kepada UzoneID, pada Kamis.

    Aksi merger kedua perusahaan itu melahirkan nama baru, yakni PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).

    Aziz Aluthman Fakhroo, Managing Director Ooredoo Group, mengatakan bahwa kesepakatan ini merupakan langkah signifikan menuju visi bersama kami untuk menciptakan nilai yang luar biasa bagi pelanggan dan pemegang saham kami dengan menyatukan dua merek telekomunikasi terkemuka di Indonesia untuk menciptakan pemain nomor dua yang lebih kuat di Indonesia dengan adanya dukungan dua mitra berkomitmen tinggi di Ooredoo Group dan CK Hutchison.

    BACA JUGA: Indosat Ooredoo Resmi Merger dengan Tri, Nama Barunya Unik

    "Dengan kesepakatan ini, kami sekarang dapat mengalihkan perhatian kami untuk menutup transaksi dan kemudian bekerja sama dengan CK Hutchison untuk memanfaatkan keahlian gabungan dari masing-masing grup telekomunikasi global kami untuk membangun telekomunikasi digital kelas dunia untuk Indonesia," kata Aziz Aluthman Fakhroo.

    Menurutnya, perusahaan hasil merger ini akan memberikan nilai dan manfaat yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk pemegang saham Indosat Ooredoo dan Grup Ooredoo, bagi pelanggan, karyawan, dan Indonesia.

    "Melalui skala ekonomi dan realisasi sinergi antara bisnis yang saling melengkapi ini, perusahaan hasil merger akan berada pada posisi yang tepat untuk memberikan laba atas investasi yang lebih tinggi bagi semua pemegang saham dan membangun momentum pertumbuhan luar biasa yang telah dicapai oleh Indosat Ooredoo. Yang penting, merger akan menciptakan perusahaan dengan kekuatan dan skala untuk mempercepat transformasi digital Indonesia dan meningkatkan kinerja jaringan dan pengalaman pelanggan di seluruh negeri," kata dia.

    Canning Fok, Group Co-Managing Director CK Hutchison Holdings Limited menambahkan bahwa merger ini merupakan kesempatan besar untuk menciptakan pemain telekomunikasi yang lebih kuat dan lebih inovatif di Indonesia dan akan menjadi transaksi accretive bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

    "Indosat Ooredoo Hutchison akan memiliki massa kritis yang akan memungkinkannya untuk mendorong perluasan dan peningkatan jaringan yang akan mendukung agenda digital Pemerintah dan bermanfaat bagi pelanggan dan Indonesia secara keseluruhan," kata dia.

    Kemudian, Canning Fok mengatakan, dengan skala yang lebih besar, spektrum yang diperluas, dan struktur biaya yang lebih efisien, Indosat Ooredoo Hutchison juga akan berada pada posisi yang lebih baik untuk memperluas peluncuran jaringannya serta meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan.

    "CK Hutchison berinvestasi dan mengoperasikan bisnis telekomunikasi di 12 pasar di seluruh dunia, banyak di antaranya telah berhasil meluncurkan jaringan 5G, dan kami berharap dapat memperluas layanan 5G inovatif di Indonesia pada saat yang tepat," ungkapnya.

     

     

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini