Merinding saat Nonton Konser? Bukti Kamu Sehat dan Bahagia Lho

13 September 2018 by
Merinding saat Nonton Konser? Bukti Kamu Sehat dan Bahagia Lho

Pernahkah Anda menonton konser musik secara langsung yang begitu keren sampai kulit Anda merinding? Jika ya, itu bisa jadi pertanda bahwa Anda menjalani kehidupan yang bahagia dan sehat.

Kesimpulan ini didapat melalui sebuah penelitian yang dilakukan di festival musik Reading and Leeds untuk mengeksplorasi apakah merinding dapat berkorelasi dengan kondisi kesehatan dan kepribadian seseorang.

Tim peneliti dikutip dari Independent menemukan bahwa mereka yang mengalami merinding saat menonton konser lebih mungkin untuk membina hubungan yang lebih kuat dengan orang lain, lebih mungkin mencapai prestasi akademis yang lebih tinggi dan berada dalam kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak merinding.

Untuk mendapat temuan ini penelitian yang dipimpin oleh peneliti Harvard University Matthew Sachs dan profesor Universitas Oxford Robin Murphy ini menganalisis tanggapan dari 100 orang yang menonton pertunjukan musik secara langsung.

Para peneliti menganalisis respon fisiologis peserta terhadap musik, selain itu mereka juga diminta melakukan serangkaian tes psikometri untuk menentukan kapan mereka mengalami "momen merinding".

Studi ini menyimpulkan bahwa 55 persen orang Inggris kemungkinan akan merinding ketika menonton pertunjukan langsung, di mana merinding kemungkinan besar terjadi dalam menit pertama setelah band memulai pertunjukan.

Dari segi gender, perempuan lebih cenderung menunjukkan respons emosional terhadap musik yang disenanginya, di mana 55 persen dari peserta perempuan mengaku merinding saat melihat aksi idolanya di panggung dibandingkan para lelaki yang hanya 46 persen mengalami merinding.

Menurut pengakuan responden, mereka yang merinding setidaknya sekali selama menonton konser cenderung menggambarkan diri mereka sebagai pribadi yang "empati" dan "menyenangkan" dalam hubungan. Mereka juga mengaku sedang memiliki suasana hati yang positif dan dalam kondisi prima serta bahagia.

Robin Murphy, peneliti di Oxford University, menjelaskan bagaimana penelitian ini memberi kesempatan bagi tim peneliti untuk mengeksplorasi "fenomena merinding" secara terperinci.

"Hasil studi kami menunjukkan bahwa orang yang benar-benar terhubung dengan pertunjukkan hiburan dan merasa merinding ketika melihatnya secara langsung berdampak pada perasaan mereka secara keseluruhan di mana suasana hati menjadi lebih baik," tandasnya.

Hasil studi menunjukkan seseorang yang merinding saat menonton konser musik secara langsung menunjukkan Anda sehat dan bahagia karena membuat dan menunjukkan suasana hati Anda sedang baik. 

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
68%

Suka

Laugh
21%

Lucu

Surprised
11%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
453 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
dinar nurhasanah 20 September 2018 | 07:58:42

kalau nonton yang suaranya bagus, dan bkn saat konser , liat tmn sendiri nyanyi aja udh merinding

opaw bsc 20 September 2018 | 07:18:51

gue nonton konser sering tapi biasa saja

Aries Gunawan 20 September 2018 | 04:41:15

aku nonton konser biasa aja

Agie Saputra 20 September 2018 | 04:38:13

saya sering nonton koser tapi biasa saja.apakah saya sakit?

ikhsan tercyduk 20 September 2018 | 04:07:56

kan b*ngs*t cuma dapet sedikit

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top