Startup

Microsoft Chatbot Bisa Bangkitkan Orang Sudah Meninggal

  • 07 January 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Microsoft berpikir bahwa kecerdasan buatan (AI) bisa dipakai untuk meniru orang tertentu dengan sedemikian rupa sehingga.

    Microsoft telah mengajukan paten di mana mereka mempertimbangkan untuk membuat chatbot yang bisa berbicara seperti orang. Seperti orang terkasih yang sudah meninggal, misalnya.

    "Dalam aspek, data sosial (misalnya gambar, data suara, postingan media sosial, pesan elektronik, surat tertulis, dll.) Tentang orang tertentu bisa diakses. Data sosial bisa digunakan untuk membuat atau mengubah indeks khusus dalam tema kepribadian orang tertentu," keterangan paten yang diajukan oleh Microsoft.

    BACA JUGA: Jack Ma Menghilang 2 Bulan, Saham Alibaba Turun 3%

    Chatbot berbasis teknologi AI akan menggunakan data digital dari orang yang sudah meninggal untuk menciptakan 'individu' baru dengan karakteristik dan perilaku yang sama.

    Artinya, jika Microsoft Chatbot terealisasi, keluarga yang ditinggalkan bisa kembali bernostalgia dengan orang-orang tersayang yang telah meninggal dunia.

    Namun, ini juga berpotensi disalahgunakan di masa mendatang. Salah satunya untuk pencurian identitas dari akun media sosial.

    Microsoft sendiri telah menginvestasikan 25 juta dolar AS atau sekitar Rp362 miliar untuk proyek AI dalam lima tahun terakhir.

    Berbagai proyek telah dilakukan mulai dari mendeteksi gerakan mikro pada wajah hingga menerjemahkan kembali dalam bentuk suara atau pesan teks di perangkat seluler, seperti dilansir Uzone.id dari VOI dan Uber Gizmo.

     

    VIDEO Jawara Uzone's Choice 2020 Adalah....