icon-category Digilife

Microsoft Digandeng Telkom, Siap Beri Pelatihan Digital ke 3 Ribu Karyawan

  • 17 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Telkom Indonesia bekerja sama dengan Microsoft Indonesia untuk memperkuat visi perusahaan dalam meningkatkan keterampilan digital kepada 3.000 ribu karyawannya.

    Kolaborasi antara Telkom dan Microsoft ini nantinya akan melahirkan deretan program pelatihan digital yang dapat memperkuat skill digital bagi para karyawan Telkom tersebut.

    Secara rinci, 3.000 karyawan Telkom ini berasal dari empat departemen atau anak perusahaan Telkom Indonesia yang ditargetkan akan mengikuti program pelatihan digital ini sampai Maret 2022.

    “Kami dari Microsoft percaya bahwa sumber daya manusia [SDM] adalah aset paling berharga yang dapat dimiliki sebuah perusahaan,” ungkap Business Strategy Director Microsoft Indonesia, Nina Wirahadikusumah dalam pernyataan resminya.

    Sementara dari penuturan Chairman Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) Jemy V. Confido, memperbarui produk dan layanan agar semakin relevan bagi masyarakat Indonesia adalah tugas mereka.

    Baca juga: Selain Facebook, Ini 11 Perusahaan yang Berlomba Bikin Metaverse

    “Hal ini tidak mungkin terjadi tanpa memastikan bahwa Telkom memiliki talenta digital yang modern dan unggul dalam keahliannya masing-masing. Program pelatihan keterampilan digital bersama Microsoft ini akan membuat Telkom lebih gesit, fleksibel, dan mengedepankan penciptaan inovasi melalui teknologi cloud dan AI,” kata Jemy.

    Rencananya, inisiatif ini kemungkinan besar dapat diperluas ke Yayasan Pendidikan Telkom melalui Telkom University.

    Lebih lanjut, program ini membuka kesempatan kepada karyawan Telkom agar dapat memilih akses ke kelas kelas-kelas Microsoft di level dasar (fundamental) dan lanjut (advanced).

    Dijelaskan kalau kelas fundamental digelar secara mandiri, artinya tiap peserta dapat menentukan waktu belajar sendiri dan fokus pada modul terkait data dan teknologi AI, keamanan siber, dan arsitektur Azure dari Microsoft.

    Sedangkan kelas advanced akan dipandu oleh Microsoft Technical Trainer dengan fokus pada keterampilan digital berdasarkan jenis pekerjaan, sehingga memberikan nilai tambah bagi karyawan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

    Baca juga: Asyik! BigBox Telkom Bakal Tawarkan Layanan Gratis ke Startup

    Jenis pekerjaan yang melingkupi kelas advanced ini adalah AI engineer, developer, data engineer, data scientist, dan solution architect.

    Usai menyelesaikan kelas-kelas tersebut, karyawan Telkom yang berpartisipasi bisa mengambil sertifikasi internasional Microsoft.
    Demi menjaga antusiasme karyawan Telkom selama program berlangsung, rangkaian pelatihan ini akan diselingi dengan partisipasi para developer internal Telkom di Microsoft Cloud Skills Challenge dan Code Without Barriers for Diversity and Branding Telkom Indonesia.

    Seperti diketahui, program pelatihan ini menjadi salah satu kelanjutan dari kolaborasi Telkom dan Microsoft yang diresmikan pada 19 Agustus 2021.

    Setelah keterampilan karyawan, kolaborasi ini akan berlanjut ke transformasi produk dan layanan, optimalisasi operasi, dan penciptaan pengalaman baru bagi konsumen.

    Dalam lingkup lebih besar, inisiatif ini diharapkan dapat mendukung kebutuhan Indonesia terhadap 9 juta digital talent yang ditargetkan terpenuhi pada 2030.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini