Milenial dan Gen Z adalah Generasi yang Paling Kesepian

19 June 2018 by
Milenial dan Gen Z adalah Generasi yang Paling Kesepian

Sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Cigna, salah satu perusahaan asuransi di Amerika Serikat, bekerja sama dengan market research firm, Ipsos, menemukan fakta bahwa 18-22 tahun adalah usia yang paling sering merasa kesepian. 

Dr. Doug Nemecek, Chief Medical Officer dari Cigna mengatakan, kesepian nampaknya tidak bisa dianggap remeh karena dapat mengancam kesehatan jiwa dan tingkat emosional seseorang. Di Amerika sendiri, kesepian menjadi isu atau fokus utama lembaga kesehatan masyarakat.

Menurut penelitian yang dilansir dari TIME, dampak dari kesepian cukup besar yaitu bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga stroke. 

Dalam riset berbeda yang dilakukan oleh UCLA, sekitar 20.100 orang menjadi responden dan diajukan 20 pertanyaan soal kesepian. Hasilnya, 44 persen responden kerap merasa tidak memiliki siapa-siapa dan tak tahu ke mana mereka harus bercerita. Fakta menarik lainnya, lebih dari 48 persen milenial dan Gen Z yang 'melek' dunia digital adalah yang paling merasa kesepian. 

“Kita semua tahu bahwa beberapa milenial dan Gen Z mungkin sedang mengalami masa transisi, temuan ini memberi kita gambaran yang sangat nyata tentang bagaimana generasi ini melihat diri mereka sendiri, ” kata Dr. Doug Nemecek. 

Berbeda dengan generasi sebelumnya seperti Generasi X atau Baby Boomer, tingkat depresi karena kesepian mereka jauh lebih rendah, hanya sekitar 38 persen.

"Gen X dan Baby Boomer punya komunitas yang dapat mereka andalkan ketika butuh dukungan morel," ungkap Dr. Doug Nemecek.

Nemecek juga menambahkan, hubungan yang baik dapat mengantipasi dampak atau risiko dari kesepian ini. Karena, ketika orang merasa kesepian, itu dapat berimbas pada bagaimana mereka mengurus dirinya sendiri, bagaimana mengatur pola makan, hingga berkegiatan lainnya. 

Jika kamu merasa kesepian ini perlahan membunuhmu, kamu bisa mengembangkan interaksi sosialmu di dunia nyata, seperti bergabung dalam sebuah komunitas atau rajin berkumpul dengan teman dan keluarga. 

Kebiasaan setiap hari seperti punya waktu tidur yang cukup, olahraga rutin dan seimbangnya kehidupan sosial dan kerja juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit karena rasa kesepian. 

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
88%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
13%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
310 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Sutarti 11 November 2018 | 18:18:21

kesepian sudah menjadi hal umum dialami anak remaja. susah menghilangkan perasaan kesepian

Belang 10 November 2018 | 16:52:11

semua orang pasti pernah merasakan kesepian. jika dibiarkan tenggelam dalam rasa kesepiannya psikologi seseorang bisa terganggu

Ihsan Gaming 10 November 2018 | 08:10:16

teknologi jaman sekarang makin canggih

Adi 10 November 2018 | 07:29:35

kesepian saya sering mengalaminya. selalu merasa sendirian di dunia ini

wanda guererro 05 November 2018 | 20:23:27

kesepian karna terlalu tergantung sama komunikasi lewat chat aja daripada bertemu langsung

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top