home ×
Telco

Minggu Depan Dua Operator Siap Komersialkan 5G?

19 May 2021 By
Minggu Depan Dua Operator Siap Komersialkan 5G?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -  Tinggal menunggu waktu yang tak lama lagi, era 5G di Indonesia siap digelar secara komersial di Indonesia. Sejumlah operator tampaknya sudah mengambil ancang-ancang waktu peluncuran.

Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mengkomersialkan 5G di Indonesia, operator harus mengajukan Uji Layak Operasi (ULO) 5G kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Nah, menurut informasi yang didapatkan oleh Uzone.id, ada dua operator yang sudah mengajukan ULO agar bisa menggelar jaringan 5G di tanah air, yakni Indosat Ooredoo dan Telkomsel.

Baca juga: Wishnuutama ungkap Manfaat 5G

“Minggu depan dan awal Bulan Juni dua operator sudah siap menggelar jaringan 5G di Indonesia,” ujar sumber Uzone.id tersebut, Rabu (19/5).

Malahan Indosat dan Telkomsel untuk memastikan jaringan 5G akan berjalan pada hari H, kedua operator akan melakukan pengujian internal di waktu yang nyaris bersamaan.

“Salah satu operator pasti ada yang sudah siap dan menggelar jaringan 5G minggu depan,” kata sumber tersebut.

BACA JUGA: Israel Hancurkan Lab Covid-19 Satu-satunya di Gaza

Denny Abidin, VP Corporate Communications Telkomsel menjelaskan komersialisasi 5G sangat bergantung dengan kesiapan ekosistem secara menyeluruh, di mana operator merupakan salah satu bagiannya.

“Saat ini kami terus mempersiapkan kesiapan implementasi layanan 5G di Indonesia dengan berkolaborasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari mitra penyedia infrastruktur dan teknologi, mitra penyedia perangkat, mitra penyedia platform aplikasi dan terutama pemerintah selaku pemegang otoritas untuk ketersediaan frekuensi yang tepat guna memastikan agar implementasi 5G sesuai regulasi dan dapat memberikan manfaat optimal bagi semua lapisan masyarakat,” ujar Abe, panggilan akrabnya.



Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id