icon-category Auto

Minum Bensin Sawit, KTM 390 Adventure Jelajah Bogor-Medan

  • 26 Oct 2022 WIB
Bagikan :
KTM 390 Adventure pakai bensin sawit (Foto: Facebook Tukiman IPB)

Uzone.id - Sepeda motor KTM 390 Adventure yang menggunakan bensin dari hasil olahan buah sawit berhasil melakukan perjalanan mulai dari Bogor hingga Medan dengan jarak 2.000 km.

Bensin sawit diketahui memiliki kadar oktan 110 (RON 110) hasil riset tim Institute Teknologi Bogor (ITB) dan PT Kemurgi Indonesia.

Penggunaan bensin sawit untuk KTM 390 Adventure cukup irit. Muhammad Ferian, salah satu tim riset ITB dan PT Kemurgi Indonesia, mengatakan untuk satu liternya bisa menempuh jarak sekitar 33 km. 

BACA JUGA: Honda Monkey Terbaru Hadir di Indonesia, Harga Rp82 Jutaan

Bensin sawit ini hasil dari penelitian Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) Institut Teknologi Bandung yang dibiayai Badan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan PT Kemurgi Indonesia.   

Muhammad Ferian mengatakan bahwa dalam percobaan ini juga mencampur secara berkala BBM jenis Pertalite (RON 90) ke bensin sawit selama perjalanan dan ternyata mesin KTM 390 tidak mengalami masalah.

“Dalam perjalanan, sepeda motor dengan BBM bensin sawit dan juga dicampur BBM lainnya itu tidak mengalami masalah apa pun,” kata Ferian, dilansir dari Antara.

Maka dari itu, Ferian yakin bensin sawit bisa digunakan 100 persen untuk kendaraan bermotor. Menurutnya, bensin sawit itu sama seperti bensin dari hasil olahan dari minyak fosil.

BACA JUGA: Suzuki Avenis 125 Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp29 Jutaan

Prof. DR. Subagjo, seorang peneliti ITB menambahkan bahwa bensin sawit saat ini telah diproduksi sebanyak 1.000 liter dan berharap bisa dikembangkan terus di masa depan.

“Awalnya kami berhasil memproduksi 250 ml per jam, kemudian 10 liter per hari, dan sekarang sudah memproduksi sebanyak 1.000 liter,” tutur Subagjo.

KTM 390 CC Adventure yang menggunakan bensin sawit sempat mejeng di Pekan Riset Sawit Indonesia (Perisai) yang digelar dalam rangkaian acara IPOS Forum di Medan, pada Kamis (20/10/2022).

VIDEO Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, SUV China Termahal:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini