icon-category Lifestyle

Minum Kopi Bisa Picu Masalah Jerawat, Simak Penjelasannya

Ada yang hobi minum kopi? Merasa jadi lebih rentan jerawatan? Jadi, apa hubungannya kebiasaan ngopi dan munculnya jerawat?

Melansir Health Line, kopi rupanya memang berpotensi menjadi penyebab jerawat karena memicu hormon stres.

Hormon stres barangkali tidak secara langsung menjadi biang keladi jerawat. Meski begitu, stres diketahui mampu memicu produksi minyak berlebih di wajah sehingga pori-pori semakin rawan tersumbat dan itulah yang dikaitkan dengan masalah jerawat.

Kopi juga disebut bisa membuat tubuh seolah kebal dengan insulin yang kemudian malah meningkatkan produksi hormon tersebut dalam darah. Akibatnya, lagi-lagi adalah produksi minyak yang lebih banyak.

Kebiasaan minum kopi setelah makan juga tidak baik. Konsumsi kopi bakal mengganggu penyerapan gizi dan mineral dalam makanan yang disantap. Nah, tahukah kamu bahwa jerawat juga bisa muncul karena tubuh kekurangan mineral seperti zat besi dan lainnya?

Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)

Jika kamu penggemar kopi susu, risikonya menjadi lebih besar, apalagi yang sudah terlanjur jerawatan. Rasa manis yang dikaitkan dengan kondisi gula darah akan meningkatkan peradangan pada kulit serta memicu produksi sebum berlebih.

Guna meminimalkan risiko, lebih baik kurangi intensitas minum kopi. Selain itu, cobalah kurangi gula atau ganti campuran susu dengan nondairy milk.

Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shuttertsock)
Ilustrasi teh hijau. (Shuttertsock)

Kebiasaan minum kopi di pagi hari pun bisa diselingi dengan minuman lain seperti teh hijau, teh hijau, atau jus hijau. Kopi bebas kafein juga dapat dijadikan alternatif walaupun efeknya tidak begitu signifikan.

 

Berita Terkait:

Tags : Kopi Jerawat 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini