home ×
Digilife

Mirip Fitur Reddit, Twitter Ujicoba Tombol Downvote di iOS

22 July 2021 By
Mirip Fitur Reddit, Twitter Ujicoba Tombol Downvote di iOS
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Alexander Shatov / Unsplash)

Uzone.id - Beberapa pengguna Twitter di iOS mungkin heran ketika melihat ada tombol baru di kolom reply tweet. Tombol ini mirip dengan tombol downvote yang ada di platform Reddit.

Fitur ini merupakan fitur eksperimental Twitter yang dirancang untuk memberikan lebih banyak wawasan tentang balasan yang lebih relevan dalam percakapan.

Menurut Twitter Support, tujuan dari fitur ini adalah untuk mengumpulkan cukup data sehingga Twitter dapat memunculkan tanggapan yang lebih relevan.

Seringkali balasan yang paling relevan tidak selalu langsung muncul dan tenggelam di bawah balasan lainnya.

Beberapa tester mungkin melihat beberapa versi berbeda, ada yang melihat tombol "upvote" dan "downvote", ada juga yang hanya melihat tombol "downvote" saja tepat di samping tombol "like".

Versi lainnya memperlihatkan tombol jempol ke atas dan ke bawah. Jumlah downvote tidak akan terlihat oleh publik tetapi akan terlihat oleh pemilik twit balasan, sementara "upvotes" akan muncul sebagai "like" di Twitter.

“Beberapa catatan penting tentang eksperimen ini: Untuk saat ini, hanya sebagai uji coba untuk penelitian. Tombol ini bukan tombol ‘tidak suka’. Jumlah 'downvotes' hanya akan terlihat oleh kamu. Votes tidak akan mengubah urutan balasan,” tulis Twitter Support pada akun resminya, Kamis, (22/07/2021).

Beda dengan fitur yang ada pada Reddit, jumlah votes Twitter takkan mengubah urutan balasan.

“Tujuan percobaan ini bukan untuk mempermalukan pengguna, tetapi untuk memberi kekuatan kepada orang-orang untuk secara pribadi menyuarakan pendapat mereka tentang kualitas balasan serta untuk memberi feedback yang ‘lebih berbeda’ kepada perusahaan,” kata Cody Elam, Peneliti Pengguna Twitter, dikutip Uzone.id dari Engadget.

"Kami berharap mempelajari lebih lanjut tentang kualitas balasan yang dipilih orang dan mencari tahu apakah voting adalah fitur yang penting bagi mereka,” tambahnya.

Ini bukan kali pertama Twitter meniru fitur dari platform lain, beberapa bulan lalu platform ini menguji coba emoji reaksi mirip Facebook yang juga menyertakan tombol "upvote" dan "downvote".

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id