icon-category Entertainment

Miss International Alami Pelecehan Seksual 'Cat Calling', Apa Itu?

  • 31 Jan 2019 WIB
  • Bagikan :

    Kevin Liliana (Foto: Instagram @kevinllna)

     

    Uzone.id - Sosial media masih jadi pilihan tempat mengadu terbaik saat ini. Ya, Kevin Liliana entah harus mengadu ke mana saat mendapat pelecehan oleh seorang lelaki.

    Meskipun pelecehannya dalam bentuk cat calling, tetap saja itu bikin perempuan merasa terancam.

    Jadi, ceritanya perempuan yang mendapat gelar Puteri Indonesia Lingkungan dan Miss International 2017 itu mendapat cat calling dari seorang lelaki berkepala plontos saat menunggu taksi di area apartemennya.

    "Aku bener bener muak sama yang namanya cat calling. Aku ngetik ini sampai gemeter!!!! Sore ini aku keluar pakai baju formal, ada lengan, panjang rok selutut. Sangat sopan! tapi badan aku tinggi mungkin cenderung nyita perhatian," Kevin memulai cerita lewat Insta Story pada Rabu (30/1/2019).

     

    Baca juga: Kecapekan Diperiksa, Vanessa Angel Pingsan

     

    "Aku jalan keluar apartemen karena males nunggu taksi mesti masuk dulu dan muter dulu, kalo mobilnya udah deket, aku langsung jalan dan ketemu di depan.

    "Ketika lagi jalan, ada mobil CRV Abu yg tiba tiba kasih klakson kecil (reflek nengok karena ngerasa ga ngalangin jalan) ketika aku nengok yang nyetir itu bapak bapak botak pake kacamata terus dia pasang muka cium cium SAMBIL MEREM! Sumpah jijik banget aku digituin!!!

    "Aku langsung teriak HEH GA SOPAN YA SAYA GA TAKUT sama kamu. Dia langsung tutup kaca. Dikata aku takut. Aku langsung samperin karena mobil dia berenti antri bayar parkir, aku ketok-ketok suruh buka suruh turun kalo berani. Dia cuma diem pura-pura gak liat

    "Dan, yang bikin gedek lagi adalah SATPAM CUMA DIEM NGELIATIN KEBINGUNGAN SAMBIL JALAN LANGKAH KECIL," tulis Kevin.

     

     
     
     
    View this post on Instagram
     
     
     

    A post shared by Kevin Lilliana (@kevinlln) on

     

    Perempuan 23 tahun itu lalu curhat di feed kalau dirinya sedari dulu sering jadi korban cat calling. Mulai dipanggil "neng" dan sampai yant terparah pas dikasih cium-cium dari kejauhan.

    "Dari dulu aku selalu ngomong “apaan sih ga sopan!” Aku selalu berani ngomong gitu terutama di tempat umum, KARENA KITA PUNYA HAK UNTUK MELAWAN!
    Siapapun itu, perempuan atau laki-laki jangan pernah diam dan takut untuk speak up!"

    Kevin meminta korban catcalling punya hak untuk marah dan merasa tidak diharga. Apalagi jika tidak memancing cat callers.

    "Kalian yang jadi SAKSI catcalling, bayangkan kalau itu adalah kalian atau orang yang kalian sayangi. Ayo sama-sama bantu untuk mengingatkan catcallers bahwa itu adalah hal yang sangat mengganggu dan tidak beretika.

    "Dan untuk kalian yang SUKA ISENG godain meskipun tidak bermaksud untuk catcalling, ingat bahwa itu adalah hal yang menganggu dan tidak menguntungkan kalian sama sekali. Malah bisa jadi menimbulkan masalah.

    Kevin juga meminta cat calling jangan dianggap sepele. Sampai direspon dengan bilang,
    “Yah gitu doang tersinggung”, “Kepedean amat sih” atau “Bercanda kali”.

    "Catcalling bukan lelucon! Sesama manusia berakal sehat, pasti ingin dihargai, bukan dilecehkan," tutup dia.

     

    Kevin ikut kontes

    Kevin Liliana lahir di Bandung, 5 Januari 1996. Dia merupakan Runner-Up 1 kontes kecantikan Puteri Indonesia 2017. Dia mendapat mahkota Puteri Indonesia Lingkungan 2017.

    Dia juga pemegang gelar juara kontes Miss International 2017 dan mendapat beasiswa S2 di University of Washington, Amerika Serikat.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini