icon-category Auto

Mobil Ditinggal Lama Mudik, Simak 8 Tips Biar Tetap 'Kinclong'

  • 30 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Uzone.id)

    Uzone.id - Pada perayaan Lebaran tahun 2020 dan 2021, pemerintah Indonesia tidak mengizinkan warganya mudik demi menekan penyebaran virus coroba baru atau Covid-19.

    Beruntung di Lebaran 2022, pandemi seolah telah berakhir dengan melihat jutaan masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman menggunakan moda transportasi mobil penumpang hingga sepeda motor.

    Jalan Tol Trans Jawa pun tak mampu menampung kendaraan pemudik hingga petugas harus membuat aturan ganjil genap dan one way.

    Nah, bagi kamu yang memutuskan mudik namun tidak membawa mobil pribadi karena mungkin kamu malas bermacet-macet ria selama perjalanan, bisa ikuti tips bagaimana memperlakukan mobil kamu biar tetap kinclong meskipun ditinggal lama di garasi rumah menurut Wuling Motors.

    1. Copot Aki

    Kamu bisa copot aki mobil dan simpan di tempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Pastikan juga kondisi aki masih bagus saat ditinggal mudik.

    BACA JUGA: Rekomendasi Mobil Mudik: Plus Minus Mitsubishi Xpander Tipe Sport

    2. Pakai Sarung Mobil

    Agar eksterior tetap kinclong, alangkah baiknya mobil ditutup sarung khusus yang ukurannya pas sehingga bisa menutup seluruh bodi mobil.

    Berbeda kalau garasi kamu berada di ruangan tertutup, sarung mobil tidak perlu digunakan.

    3. Perhatikan Busi

    Busi mobil kamu juga harus diperhatikan. Kamu bisa mencopot busi dan menyemprotkan sedikit oli di soket dan kemudian bisa dipasang kembali.

    Itu berguna agar mencegah kepala silinder berkarat karena cairan oli akan menjaga kelembaban. Zat aditif juga bisa jadi alternatif selain oli.

    4. Rem Tangan

    Jika kebiasaan kamu mengaktifkan rem tangan ketika mobil sudah berada di garasi, sebaiknya jangan lakukan itu.

    Mobil yang diparkir lama memungkinkan bantalan rem nempel di cakram. Oleh sebab itu, agar roda mobil tidak menggelinding cukup diganjal dengan batu.

    5. Bersihkan Mobil

    Membersihkan interior mobil sebelum mudik bisa mencegah berkembangbiaknya kuman atau bakteri, terutama jika ada remehan makanan. 

    Bakteri juga bisa bersemayam di karpet mobil, lapisan jok. Kamu bisa pakai pengharum ruangan untuk menjaga kabin tetap wangi.

    Untuk eksterior mobil, kamu bisa cuci mobil sebelum mudik agar bersih dari debu dan menghindari kotoran terlalu lama nempel di bodi mobil.

    BACA JUGA: Irit Banget, Mitsubishi Xpander Bikin Saya Lupa Harga Pertamax Mahal

    6. Tekanan Ban

    Cek juga tekanan ban mobil kamu apakah sesuai dengan anjuran dari pabrikan sebelum ditinggal lama. Mengisi angin dengan tekanan yang pas bisa mencegah pinggiran permukaan ban retak. Perhatikan juga pentil ban, apakah sudah menutup sempurna.

    7. Isi Bensin Penuh

    Sebaiknya isi penuh tangki mobil kamu untuk menghindari tangki berkarat ketika kamu lama mudik. 

    Salah satu cara ampuh menghindari karat, kamu bisa isi penuh tangki dengan bensin beroktan tinggi. 

    8. Ganti Oli dan Filter

    Disarankan ganti oli dan filter sebelum mobil ditinggal mudik. Pasalnya, oli bekas mengandung uap air, serbuk logam, lumpur, dan elemen korosif lainnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini