icon-category Auto

Mobil Listrik Pertama Jaguar Siap Dirilis

  • 05 Mar 2018 WIB
Bagikan :

Apa kabar Jaguar? Merek mobil Britania Raya yang namanya sudah jarang didengungkan, kini tidak mau kalah soal mendebut kendaraan listrik. Sebab Jaguar akan menghadirkan mobil listrik pertamanya dengan nama I-Pace.  

Wujud I-Pace sebelumnya pernah dirilis oleh Jaguar dalam bentuk mobil konsep pada November tahun lalu dan memposisikan diri bersaing dengan Tesla Model X seperti dikutip paultan, Senin (5/3).

Versi produksi I-Pace sangat mirip dengan wujud konsepnya, modelnya begitu dinamis dan dapat dengan mudah diterima pasar. Hanya saja bagian interior terlihat beberapa perbedaan dari wujud konsepnya, namun itu bukan masalah besar.

Jaguar mengakui, desainnya ala-ala siluet coupe tersebut terinspirasi dari Jaguar C-X75, mobil yang pernah dikendarai Daniel Craig saat membintangi agen 007 (James Bond Spectre). Tambahnya lagi I-Pace juga menawarkan kelegaan kabin seperti sebuah SUV.

Di balik wujudnya yang modern namun simpel, ada seorang desainer yang handal dan pernah beberapa kali mendesain mobil lain yang memiliki nilai prestisius, di adalah Ian Callum, yang juga mendesain Nissan R390, Aston Martin DB9, Jaguar F-Type, dan Aston Martin Vanquish. 

Bicara jantung mekanis, 2 motor listriknya terhubung dengan baterai berkapasitas 90 kWh yang diklaim Jaguar mampu memiliki daya jelajah sejauh 480 km sebelum harus diisi daya kembali, jarak tempuh yang sangat jauh menurut kami.

Selain itu tenaga yang mampu diproduksi sebesar 394 daya kuda (dk) dan torsi 969 Nm, di atas kertas dengan tenaga sebesar itu, I-Pace mampu melesat dari keadaan diam ke 100 km/jam dalam hitungan 4,8 detik saja.

Sama seperti teknologi fast charging atau quick charging pada smartphone, I-Pace juga sudah tersematkan teknologi serupa, rapid charging namanya. Kombinasi antara sistem pengisian daya ulang konvensional dan teknologi konektor modern type 2 yang hanya memakan waku 40 menit untuk mengisi dari nol ke 80%.

Rencananya I-Pace akan didebut pada gelaran Geneva Motor Show mendatang, namun unitnya sudah dijual di Inggris, harganya mulai dari 63.495 poundsterling atau sekitar Rp 1,2 miliar (nilai tukar per 5 Maret 2018) dan tersedia 4 varian, di antaranya S, SE, HSE dan first edition sebagai unit yang terjual terbatas.   

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Mobil listrik Jaguar 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini