icon-category Auto

Mobil Penjelajah Bulan Ini Pakai Teknologi Nissan Ariya e-4ORCE

  • 15 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Penjelajah bulan buatan Nissan dan JAXA (Foto: YouTube)

    Uzone.id - Di ajang Nissan Futres, Nissan meluncurkan prototipe penjelajah bulan (lunar rover) yang dikembangkan bersama Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

    Pusat Inovasi Eksplorasi Luar Angkasa JAXA sedang melakukan penelitian tentang penjelajah bulan - teknologi utama untuk eksplorasi ruang angkasa.

    Nissan telah bekerja sama dengan JAXA untuk membuat penjelajah bulan sejak Januari 2020.

    Penjelajah bulan harus mampu melintasi medan bulan yang berdebu, berbatu dan bergelombang serta hemat energi.

    BACA JUGA: Tesla Cybertruck Alami Perubahan, Beda dari Prototipe Asli

    Selain itu, sumber energi untuk mengoperasikan kendaraan di luar angkasa terbatas.

    Penelitian Nissan menerapkan teknologi kontrol motor yang telah dikembangkan lewat produksi massal kendaraan listrik seperti Leaf serta teknologi kontrol semua roda e-4ORCE yang ditampilkan pada crossover listrik Ariya yang serba baru, seperti dilansir Uzone.id dari Nissan News, Selasa (14/12/2021).

    Secara khusus, e-4ORCE bisa meningkatkan kinerja penjelajah bulan di medan yang sulit.

    Nissan fokus pada pengembangan performa berkendara yang stabil yang memungkinkan mobil mereka dengan lebih percaya diri.

    Teknologi e-4ORCE milik Nissan secara tepat mengontrol keempat roda secara independen, memberikan pengemudi kepercayaan diri dalam berbagai kondisi.

    Dalam penelitian bersama dengan JAXA, Nissan mengembangkan teknologi e-4ORCE untuk meningkatkan kinerjanya di medan berpasir dan kondisi keras lainnya.

    Ketika mobil dikemudikan di pasir, rodanya sering berputar dan masuk sehingga menghambat traksi.

    Keterampilan mengemudi tingkat tinggi diperlukan agar ban mobil tetap mendapat traksi. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Nissan telah mengembangkan kontrol tenaga penggerak yang meminimalkan jumlah putaran roda sesuai dengan kondisi permukaan.

    BACA JUGA: Gandeng PLN, Motor Listrik China Ini Dibanderol di Bawah Rp9 Jutaan!

    Direktur Pusat Pusat Inovasi Eksplorasi Luar Angkasa JAXA, Ikkoh Funaki menjelaskan JAXA dalam penelitian ini bertujuan untuk bisa menerapkan hasil penelitian eksplorasi ruang angkasa di masa depan.

    "Kami bekerja sama dengan perusahaan, universitas dan lembaga penelitian pada proyek-proyek yang layak dan memiliki potensi untuk komersialisasi dan inovasi. Dengan melakukan penelitian dengan Nissan, yang memiliki keahlian dalam teknologi elektrifikasi, kami berharap dapat menerapkan temuan kami untuk pengembangan penjelajah bulan berkinerja lebih tinggi,” kata dia.

    Nissan Ariya e-4ORCE

    Nissan Ariya e-4ORCE (Foto: YouTube)

    Nissan Ariya e-4ORCE telah dilengkapi dengan motor listrik di bagian depan dan belakang. Torsi masing-masing motor dapat dikontrol secara individual untuk memberikan traksi selama akselerasi.

    Ketika melambat, jumlah regenerasi disesuaikan secara individual untuk motor depan dan belakang. Saat pengereman, e-4ORCE meminimalkan penyelaman dan guncangan tubuh.

    Saat menikung, torsi motor depan dan belakang serta performa pengereman keempat roda dikelola untuk memastikan handling yang mulus dan nyaman. Kontrol ini memungkinkan pengemudi dari semua tingkat keahlian untuk dengan percaya diri menavigasi berbagai kondisi jalan, termasuk hujan dan salju.

    Nissan Ariya e-4ORCE sendiri dijadwalkan mulai dijual di Jepang pada musim panas 2022.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini