icon-category Auto

Mobil Susah Distarter, Belum Tentu Akinya Soak

  • 20 Sep 2016 WIB
  • Bagikan :


    Pernah mengalami kondisi mobil susah dihidupkan saat mesin dalam keadaan panas? Jangan langsung beranggapan ada masalah dengan aki. Bisa jadi, kerusakan ada pada dinamo starter.

    Seperti dijelaskan Dite Agung, mekanik Yahya Motor di kawasan Jati Kramat, Bekasi, gejala kerusakan dinamo starter dan aki soak memang mirip.

    ”Kalau aki yang soak biasanya mobil tidak mau distarter terus-menerus, pagi, siang, malam. Harus ada analisa lanjutan untuk menentukan kerusakannya,” ujar Dite, (19/9/2016).

    Jika aki yang rusak, tekor, atau soak, saat pagi hari, pemilik mobil tidak bisa menghidupkan mobil. Jika mobil bertransmisi manual, didorong dan mobil hidup, lalu mesin panas, dan dimatikan lagi, mobil gampang dihidupkan lagi.

    ”Berarti proses pengisian setrum masih normal. Aki sudah pasti soak. Cara mengetes lainnya, di malam hari, pantulkan sorot lampu ke tembok saat mesin menyala. Kalau digas lampu terang, dan kembali redup saat stasioner. Salah satu tanda juga aki soak,” ucap Dite.

    Jika dinamo starter yang rusak, lanjut Dite, justru kebalikannya. Mobil akan mudah dinyalakan saat mesin dingin. Saat panas, susah menyalakan mobil, dan pemilik harus menunggu temperatur kembali dingin untuk menyalakannya kembali.

    Kerusakan bisa terjadi karena bendix, atau arangnya habis, bisa pula karena ada masalah pada gulungannya. Biaya servis tidak begitu mahal. Spul atau gulungan yg rusak siapkan sampai Rp 200.000. Jika arangnya habis, siapkan maksimal Rp 100.000. Kerusakan bendix diperkirakan Rp 75 ribu (ganti baru).

    Copyright Kompas.com

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini