icon-category Auto

Moge Minta Lewat Tol, Nanti Ketabrak Protes!

  • 13 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Komunitas Motor Besar Klub Indonesia (Foto: Instagram @motorbesarklubindonesia)

Uzone.id - Klub motor dari Komunitas Motor Besar Club Indonesia (MBCI) meminta kepada pemerintah Indonesia agar mengizinkan motor gede (moge) bisa masuk ke jalan tol.

Alasannya agar mereka tak lagi terjebak kemacetan saat sedang touring melalui jalanan biasa. Tentu saja, berlama-lama berada di kemacetan akan jadi siksaan bagi pengendara moge.

Namun, apakah sesederhana itu moge kemudian diperbolehkan masuk ke jalan tol?

Kami pun menghubungi pengamat transportasi Djoko Setijowarno untuk meminta pendapatnya mengenai wacana moge boleh masuk jalan tol. 

Djoko mengatakan, jalan tol di Indonesia pada umumnya cuma memperbolehkan kendaraan roda empat ke atas. Sedangkan jalan tol yang melayang di atas laut bisa dilewati sepeda motor atau kendaraan roda dua. 

BACA JUGA: Quartararo Kenalkan Livery Yamaha YZR-M1 MotoGP 2023 di Jakarta

Contoh jalan tol yang melayang di atas laut yakni tol Jembatan Suramadu dan tol Bali-Mandara, di mana ada jalur khusus bagi sepeda motor sehingga tidak bercampur dengan roda empat.  

"Ada (sepeda motor lewat tol), berlaku untuk tol nyebrang laut. Karena itu ada sejarahnya kalau Suramadu boleh lewat tol," tutur Djoko. "Tol di Bali itu juga boleh, (tapi) sepeda motor ada jalurnya."

Sepeda motor akhirnya bisa melewati jalan tol di Suramadu dan menyusul di jalan tol Bali Mandara setelah terbit Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Selanjutnya, kata Djoko, jalan tol lainnya juga bisa saja dilewati oleh sepeda motor untuk umum asalkan dibuat jalur khusus untuk motor.

"Sekarang tinggal BUJT-nya (Badan Pengatur Jalan Tol) mau gak buat jalur sendiri untuk motor? Kayak di Suramadu (punya) jalur sendiri juga. Nanti bikin aturannya kalau mau, tapi jangan disatuin sama roda empat, nanti kalau dia nabrak protes lagi," ungkapnya.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata ini menegaskan lagi kalau sepeda motor bisa masuk tol asalkan punya jalur sendiri.

"Nanti mereka hitung-hitungan sendiri, tarifnya berapa, hitung-hitungan saja," kata dia.

BACA JUGA: Ini Syarat untuk Dapatkan SIM C1 dan C2, Apa Saja?

Isu moge masuk jalan tol memang tengah viral di media sosial maupun media online. Berawal dari Presiden MBCI Irianto Ibrahim yang menyampaikan aspirasinya ini melalui kanal YouTube Icha BigBike. 

"Kalau ke arah Jawa itu, keluar di Kerawang saja, atau kalau ke arah barat keluar di tol Merak saja, biar kami tidak mengganggu masyarakat umum. Izinkan kami masuk tol, bayar seperti biasa," kata Irianto dalam sebuah wawancara di kanal YouTube Icha BigBike beberapa waktu lalu.

Agar suaranya didengar, Irianto mengaku pernah menyampaikan kepada Korlantas Polri hingga anggota DPR. Menurutnya, dulu moge masuk jalan tol sempat disetujui, namun tidak ada kelanjutannya.

Kata Irianto, kalau moge diperbolehkan masuk jalan tol maka touring mereka bisa lebih tertib dan tidak mengganggu masyarakat umum.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini