home ×
Startup

Monyet Pakai Chip Otak Neuralink Bisa Main Game dengan Berpikir

12 April 2021 By
Monyet Pakai Chip Otak Neuralink Bisa Main Game dengan Berpikir
Share
Share
Share
Share

(Foto: Tangkapan layar video Neuralink)


Uzone.id - Neuralink, Startup chip otak - yang didirikan oleh Elon Musk - telah merilis rekaman pada Jumat (9/4/2021) yang memperlihatkan seekor monyet memainkan video game sederhana setelah mendapat implan teknologi baru.

Video berdurasi 3 menit yang diperlihatkan Neuralink menunjukkan Pager, nama monyet jantan yang ditanamkan chip di setiap sisi otaknya, sedang memainkan Mind Pong.

Pager juga dilatih untuk menggerakkan joystick, dia kemudian memainkan Mind Pong pakai kontrol otak.

Dia mengontrol dayung hanya dengan berpikir. Dia menggerakkan tangannya ke atas atau ke bawah.

"Produk @Neuralink pertama akan memungkinkan seseorang dengan kelumpuhan bisa menggunakan smartphone dengan pikiran mereka lebih cepat daripada seseorang yang menggunakan pakai jempol," Musk membuat twit pada Kamis (8/4).

BACA JUGA: Apa Itu Bukit Algoritma Sukabumi yang Mirip Silicon Valley?

Menurutnya, versi yang lebih baru bisa mengalihkan sinyal dari Neuralink di otak ke Neuralink di klaster motorik atau sensorik tubuh.

"Sehingga memungkinkan, misalnya, orang lumpuh untuk berjalan kembali, Perangkat ini ditanamkan pada tengkorak dan mengisi daya secara nirkabel, sehingga kamu terlihat dan merasa benar-benar normal," imbuhnya.

Neuralink bekerja dengan merekam dan mendekode sinyal listrik dari otak menggunakan lebih dari 2.000 elektroda yang ditanamkan di daerah korteks motorik monyet. Hal itu memungkinkan dia menggerakkan tangan dan lengan, kata sulih suara video itu.

"Dengan menggunakan data ini, kami mengkalibrasi decoder dengan secara matematis memodelkan hubungan antara pola aktivitas saraf dan berbagai gerakan joystick yang mereka hasilkan."

Neralink didirikan bersama Elon Musk pada tahun 2016 dan saat ini bermarkas di San Francisco.

Perusahaan ini punya tujuan membuat chip otak komputer nirkabel untuk membantu menyembuhkan masalah neurologis seperti Alzheimer, demensia, dan cedera sumsum tulang belakang serta menggabungkan manusia dengan AI.

Pada Agustus 2020, Musk juga pernah memperlihatkan seekor babi dengan implan chip Neuralink. Ayah dengan 7 anak itu punya sejarah menyatukan beragam ahli untuk mengembangkan teknologi yang sebelumnya terbatas pada laboratorium akademik, termasuk membuat roket dan kendaraan listrik, lewat perusahaan Tesla Inc dan SpaceX. (Reuters)

VIDEO 5 Hal yang Paling Gue Suka dari Samsung Galaxy A72

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article