home ×
Auto

Motor Nganggur Dirumah? Ini Cara Merawatnya Ala Honda

31 March 2020 By
Motor Nganggur Dirumah? Ini Cara Merawatnya Ala Honda
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Penerapan social distancing dan mengharuskan warga berada dirumah, pastinya bikin motor kalian yang tadinya buat alat tempur jadi nganggur.

Nah, meskipun jarang dipakai, bukan berarti motor didiamkan aja, karena kalau gak dilakukan perawatan dengan baik, tetep aja malah bisa rusak karena jarang dipakai.

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

Baca juga: Test Drive Honda Civic Hatchback RS

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja,” ucap Endro.

Berikut beberapa tips dari Honda untuk menjaga kondisi sepeda motor saat diam dalam jangka waktu lama:

1. Jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu.

”Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” jelas Endro.

2. Beri pelumas bagian bagian yang cenderung/ berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

3. Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.

4. Lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, dilakukan setiap hari akan lebih baik. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit.

”Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup,” terang Endro.

5. Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang/ rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular). Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin.

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan kembali.

VIDEO Review Suzuki XL7, Ertiga Versi Crossover:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id