home ×
Auto

Motor Terbang Siap Dijual, Bakal Bikin Langit jadi Kusut?

08 September 2021 By
Motor Terbang Siap Dijual, Bakal Bikin Langit jadi Kusut?
Share
Share
Share
Share

Foto: Jetpack Aviation

Uzone.id - Alat transportasi yang bisa terbang kini gak mutlak pesawat aja. Ada mobil, dan bahkan sebentar lagi bakal ada juga motor yang bisa terbang. Hmm, bakal bikin langit jadi kusut gak ya?

Tapi memang salah satu perusahaan yang bergerak di industri penerbangan, Jetpack Aviation (JPA), mengutip Jalopnik, sedang mempersiapkan motor terbang pertama di dunia yang dinamakan Speeder.

Perusahaan tersebut mengklaim, prototipe yang ada saat ini, bakal bisa resmi bisa diterbangkan dalam waktu dua tahun kedepan.

Baca juga: Nyobain Beli Online Motor Listrik Lokal, United T1800

Jetpack Aviation yang berbasis di Los Angeles, California, Amerika ini sebenarnya sudah memperkenalkan Speeder sejak tahun 2019 lalu. Barulah saat ini, rancang bangun Speeder bisa mewujud dalam bentuk prototipe.

Jetpack Aviation terus mengembangkan software andalan yang menjadi kunci nantinya motor ini bisa terbang dengan lancar dan aman, sebagai antisipasi potensi motor yang tidak stabil saat meluncur di udara.

Serangkaian pengujian pun sudah dilakukan terhadap Speeder. Hasilnya, Speeder sudah bisa lepas landas dan naik secara vertikal, sehingga gak membutuhkan landasan pacu untuk bisa diterbangkan.

Selain takeoff dan landing secara vertikal, Speeder juga bisa melakukan gerakan berputar dan menahan hover tetap stabil meski tidak bergerak maju.

Nantinya bakal ada dua jenis Speeder, untuk penggunaan publik atau sipil dan untuk kebutuhan militer dan kargo. Khusus versi militer, topspeed bakal lebih kencang dan ada opsi terbang otomatis.

Kalau versi militer bisa terbang diatas 240 km perjam, maka versi sipil dibatasi dua pilihan topspeed, mulai dari 100 km perjam untuk versi Ultralight dan tanpa batasan kecepatan untuk versi Eksperimental.

Menariknya, untuk versi sipil Ultralight, pengemudinya gak membutuhkan lisensi Pilot, sementara untuk versi Eksperimental, tentu saja buth lisensi Pilot.

Versi prototipe dari Speeder ini mengandalkan empat mesin jet yang masing-masing terletak di setiap sudut bodi motor.

JetPack Aviation membanderol Speeder sekitar Rp5,4 miliar untuk versi sipil. Sementara versi Militer dan kargo, belum ada harga resminya.

VIDEO Review Motor listrik United T1800:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id