icon-category Travel

Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa, Ini Kuliner Wajib Coba di Cilegon

  • 27 Dec 2018 WIB
Bagikan :

Nasi gonjleng (Foto: TripAdvisor)

Uzone.id - Jalan Tol Trans Jawa sedang menjadi perbincangan. Jalur yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa ini baru saja diresmikan.

Jalan tol ini menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta dan Surabaya. Menariknya, di sepanjang jalan sekitar 1.000 kilometer ini, kamu akan menemukan beragam kuliner dari berbagai kota. Salah satu kota dengan sajian khas yang wajib kamu coba, yaitu Cilegon.

Cilegon merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Banten, Indonesia. Cilegon berada di ujung barat laut Pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Di kota industri dan penghasil baja ini, kamu akan menemukan beberapa kuliner nikmat.

Baca: Wow, Hujan Salju Turun di Bandara Changi Singapura

Mengutip Buku Peta Kuliner Trans Jawa yang disusun dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, berikut ini kuliner khas Cilegon.

Ayam bekakak

Ayam bekakak memang sudah terkenal sebagai satu di antara kuliner nusantara yang memiliki rasa khas dan nikmat. Sajian ini merupakan olahan ayam utuh yang dibakar lalu dimasak dengan racikan bumbu manis. Umumnya, ayam bekakak di Jawa Barat disajikan pada hari-hari istimewa, seperti sunatan dan pernikahan.

Kamu bisa menemukan ayam bekakak di Jalan Raya Kranggot, Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten.

Baca: Jelang Natal, Spot Instagramable Bertebaran di Orchard Road Singapura

Nasi gonjleng

Pada dasarnya, kuliner ini memiliki bumbu mirip dengan nasi kebuli yang beraroma pekak dan kapulaga. Nasi gonjleng dihidangkan dengan acar dan emping. Terkait hal ini, ada satu kisah yang menjadi latar belakang penamaannya.

Kabarnya, kuliner ini disebut nasi gonjleng, karena nasi dimasak dan dinikmati beramai-ramai pada malam hari oleh para peronda. biasanya, sajian ini dihidangkan dengan daging kerbau, sapi, kambing, atau ayam. Keseluruhan proses itu disebut dengan gonjleng.

Kamu bisa menemukan nasi gonjleng di Jalan RA. Kartini, Jombang Wetan, Kota CIlegon, Banten.

Baca: Hujan Kembang Api Bakal Menghiasi Hong Kong di Malam Tahun Baru 2019

Rumah makan Ibu Entin

Di daerah Banten, wisata kuliner rumah makan Ibu Entin adalah sebuah kewajiban. Menu makanan laut adalah andalan dari rumah makan ini. Rumah makan Ibu Entin menawarkan ikan bakar yang lezat, serta otak-otak nan gurih untuk oleh-oleh.

kamu bisa menemukan Rumah Makan Ibu Entin di Jalan Raya Serang, Pandeglang, Karundang, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini