home ×
Digilife

Mulai 2021, Simpan Foto Video di Google Photos Harus Bayar

12 November 2020 By
Mulai 2021, Simpan Foto Video di Google Photos Harus Bayar
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Google akan menghentikan pemberian akses tanpa batas ke pengguna yang ingin menyimpan foto dan video di Google Photos secara gratis. Mulai tahun depan, setiap pengguna hanya diberikan jatah penyimpanan sampai 15GB.

Layanan unlimited free storage ini memang menjadi andalan para pengguna Google yang selalu memuja gratisan. Bayangkan, bisa menyimpan ratusan bahkan ribuan foto dan video secara gratis, tanpa ada batasan maksimum penyimpanan.

Dalam postingan di blog resminya, Kamis, 12 November 2020, pemberian akses gratis tanpa batas ini akan dihentikan mulai 1 Juni 2021. Mulai tanggal tersebut, pengguna tak bisa lagi menyimpan foto dan video baru jika total file yang disimpan sudah mencapai lebih dari 15GB.

Namun tak perlu khawatir. Foto dan video yang kadung tersimpan di dalam Google Photos sebelum tanggal tersebut tidak akan diganggu gugat alias akan tetap tersimpan di sana.

Langkah ini diketahui merupakan salah satu upaya Google untuk mendorong para penggunanya berlangganan layanan Google One. Ini merupakan layanan baru yang diberikan Google untuk mempermudah pengguna berlangganan tempat penyimpanan file atau storage.

Di Amerika, Google One sudah dipaketkan dengan harga USD2 atau sekitar Rp28 ribu per bulan. Dengan berlangganan paket ini, pengguna mendapatkan kapasitas memori penyimpanan sampai 100GB dan akses ke beberapa fitur Google lainnya. Salah satunya mendapatkan diskon ke Google Store.

Sebelum 1 Juni 2021, pengguna disarankan untuk mem-backup foto dan video yang tersimpan di Google Photos agar jatah gratis 15GB bisa digunakan.

Kabarnya jatah gratis 15GB ini tidak akan berlangsung lama. Sebanyak 80 persen pengguna Google Photos akan bisa menyimpan foto dan video tersebut selama tiga tahun ke depan. Nantinya Google akan memberitahukan jika jatah gratis itu akan habis dalam waktu dekat. Kita juga bisa menentukan sendiri sampai kapan free storage itu akan kita gunakan.

Dilansir Cnet, data Google menunjukkan, saat ini ada sekitar 4 triliun foto dan video yang tersimpan di Google Photos. Setiap minggunya, setidaknya ada 28 miliar foto dan video baru yang disimpan ke dalam layanan tersebut.

VIDEO: Samsung Galaxy M51 Review, Plus Minus Seminggu Dipakai

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article