Auto

Mulai September 2021, 21 Mobil Populer di Indonesia Naik Harga!

  • 01 September 2021
  • Bagikan :
    Mulai September 2021, 21 Mobil Populer di Indonesia Naik Harga!

    Uzone.id - Insentif PPnBM terhadap mobil-mobil baru bermesin kurang dari 1.500cc sebesar 100 persen resmi berakhir kemarin. Dan mulai hari ini, insentif PPnBM tersebut berkurang menjadi hanya 25 persen.

    Artinya, dalam waktu dekat kita akan mengetahui masing-masing pabrikan yang lineup mobilnya terpengaruh insentif PPnBM bakal melakukan revisi harga jual, yang pastinya jadi 75 persen lebih mahal dari sebelumnya.

    Pemberlakuan insentif PPnBM 5 persen ini akan berlaku mulai September sampai Desember 2021 ini, regulasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77 Tahun 2021.

    Baca juga: Nyobain Beli Online Motor Listrik Lokal, United T1800

    Sebelumnya, pihak Kementerian Perindustrian sedang mengusahakan agar pembebasan PPnBM terus untuk diperpanjang sampai akhir tahun, namun belum mendapat respon dari Kementerian Keuangan.

    Insentif PPnBM untuk sejumlah mobil baru ini dinilai berhasil berkontribusi signifikan terhadap eprtumbuhan industri otomotif nasional. Insentif ini memang menyasar kelas menengah ke atas.

    Sementara sektor otomotif dipilih dan harus memenuhi persyaratan lokal konten, supaya efek dominonya bisa semakin meluas gak hanya pabrikannya, tapi juga para UKM-UKM yang menjadi suplier komponen-komponen mobil tersebut.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara wholesales Januari-Juli 2021 telah bisa mencapai 588.881 unit, naik 49,4 persen dari periode sama tahun lalu.

    Sesuai dengan ketentuan pemerintah, terdapat 21 mobil yang mendapatkan relaksasi. Semuanya sudah diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal minimal 70 persen dan berkapasitas mesin maksimal 1.500 cc.

    Daftar mobil yang mendapatkan insentif PPnBM:
    Toyota Yaris
    Toyota Vios
    Toyota Sienta
    Toyota Avanza
    Toyota Rush
    Toyota Raize

    Daihatsu Xenia
    Daihatsu Gran Max Minibus
    Daihatsu Luxio
    Daihatsu Terios
    Daihatsu Rocky

    Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander Cross

    Nissan Livina

    Honda Brio RS
    Honda Mobilio
    Honda BR-V
    Honda HR-V

    Suzuki New Ertiga
    Suzuki XL-7

    Wuling Confero

    VIDEO First Impression Motor Listrik Lokal, United T1800:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini