Mumpung di Rumah, Bersihin Plafon Mobil Sendiri Yuk - Uzone
home ×
Auto

Mumpung di Rumah, Bersihin Plafon Mobil Sendiri Yuk

14 April 2020 By
Mumpung di Rumah, Bersihin Plafon Mobil Sendiri Yuk
Share
Share
Share

Uzone.id - Kegabutan selama harus berdiam diri di rumah bisa dialihkan dengan bebersih mobil kesayangan yang lagi nganggur aja di garasi. Banyak hal yang bisa dibersihkan, salah satunya plafon.

Mobil-mobil di Indonesia masih banyak yang plafon mobilnya berwarna cerah, sehingga gampang terlihat kotor. Apalagi kalau gak pernah dibersihkan sebelumnya, warnanya bisa memudar. Pokoknya jelek deh.

Tapi karena di dalam mobil orang jarang yang dongak-dongak ke bagian atap, kadang sektor kebersihan plafon mobil sering terlupakan. Padahal, tetap penting.

Baca juga: Komparasi Fitur dan Harga MG ZS vs Honda HR-V

Selain itu, karena kebanyakan materialnya kain beludru, jadi bagian yang paling sulit dibersihkan, padahal bila sudah kotor bisa membuat kabin terlihat kusam.

Pada umumnya, sektor ini kotor bukan hanya dari debu, tapi juga karena bekas noda tangan atau bisa juga karena terlalu sering terkena asap rokok.

Indah Yuliana selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, mengatakan lapisan plafon memang jadi bagian yang paling sulit untuk dibersihkan bila sudah kotor. Apalagi bila noda yang menempel itu sudah tergolong lama.

“Tergantung dari kotornya kenapa, debu atau noda, biasanya kalau debu masih bisa dibersihkan, tapi kalau noda bekas tangan atau apapun lainnya akan sulit,” terangnya.

“Apalagi bahannya seperti beludru karena punya sifat menyerap, jadi makin susah dihilangkan,” tambah Indah.

Untuk mebersihkan dari debu, bisa dilakukan dengan cara yang umum seperti membersihkan interior lainnya, yakni menggunakan vacuum cleaner.

Sementara untuk noda ringan atau tidak membandel bisa dengan sikat kering yang memiliki bulu halus.

Jangan lupa, saat menggunakan sikat, sebisa mungkin hanya menggosoknya dalam gerakan satu arah dan tidak terlalu di tekan. Hal ini untuk mencegah agar lapisan plafon tidak rusak.

Sama saat dengan membersihkan jok bermaterial beludru atau fabric, Indah juga menyarankan untuk tidak menggunakan cairan sabun atau lainnya.

Dikhawatirkan saat debu terkena cairan akan membuat kotoranya makin meluas karena melarut, terutama untuk plafon yang bermaterial kain serat atau beludru.

“Memang tidak bisa dilakukan sembarangan, karena takutnya itu justru makin memperparah kondisi plafon," tutup Indah.

VIDEO Komparasi MG ZS vs Honda HR-V:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 29 April 2020 | 15:15:27

kalau bersihkan enak melihatnya rapi gitu

DimasHardstyle 16 April 2020 | 09:18:09

bener banget. dari pada nganggur dirumah. diam diri lebih baik melakukan aktivitas bersih bersih kendaraan

Trisna Wahid 15 April 2020 | 06:48:04

pengen sih gua bersihin plafon mobil tapi gua gak punya mobil

DHStyle 15 April 2020 | 05:14:13

bener banget. saya saja sekarang demen bersih bersih dari pada diem dirumah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article