icon-category Digilife

Mungkinkah Biak Papua Jadi Tempat Peluncuran SpaceX?

  • 21 Dec 2020 WIB
  • Bagikan :

    SpaceX (Foto: SpaceX)


    Uzone.id - Presiden Joko Widodo telah melakukan lobi tingkat tinggi terhadap Elon Musk, CEO Tesla dan Space X, yang kini menjadi orang kedua terkaya di dunia.

    Mengutip dari situs maritim.co.id, milik Kementerian Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), dikatakan “Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan melakukan pembicaraan melalui telepon bersama CEO Tesla Elon Musk pada Jumat (11-12-2020). Pembicaraan ini membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia.”

    Kemudian menambahkan, kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad SpaceX.

    BACA JUGA: Apa Saja Penyebab Instagram Down?

    “CEO Tesla Elon Musk menanggapi undangan Presiden RI Joko Widodo dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerjasama tersebut,” tulis Kementerian Marves.

    Di pihak Tesla sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait rencana kedatangan tim mereka ke Indonesia seperti yang dituturkan Kementerian Marves.

    Peluncur roket di Biak

    Mengenai permintaan Indonesia kepada Elon Musk untuk melihat potensi Indonesia sebagai lokasi pad peluncur roket SpaceX, sebetulnya Indonesia sendiri sudah memilih Biak, Papua sebagai titik yang tepat untuk meluncurkan roket ke luar angkasa.

    Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro, melalui “Webinar Nasional Penerbangan dan Antariksa V 2020” yang digelar 16 September lalu, mengatakan alasan Biak sebagai posisi terbaik untuk meluncurkan roket karena dekat dengan ekuator sehingga keuntungan ekonominya bisa menghemat bahan bakar.

    Sebelum Biak jadi pilihan paling tepat untuk meluncurkan roket, ada kandidat lain seperti Morotai, Enggano dan Nias. Kemudian, Biak akhirnya terpilih karena paling strategis dan menguntungkan.

    Biak berada di titik koordinat 0º55′-1º27′ Lintang Selatan (LS) dan 134º47′-136º48 Bujur Timur (BT). Sehingga, posisi tersebut paling strategis untuk tempat peluncuran atau pad Roket Peluncur Satelit (RPS) ke Geostationary Earth Orbit (GEO).

    Dilansir Uzone.id dari Detik, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin Biak mengatakan bahwa Biak berada dekat dengan ekuator membuat roket bisa membawa satelit ke berbagai arah.

    “Bisa arah polar, dan yang jarang bisa dilakukan itu arah ekuatorial. Dan kalau diluncurkan dari ekuator akan lebih murah biayanya karena tidak perlu ada manuver untuk mengubah orbitnya," tutur Djamal.

     

    VIDEO Komparasi Realme Narzo 20 Pro vs Samsung Galaxy A21S

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini