home ×
Digilife

Musim Ini Android Hadirkan 8 Fitur Baru, Apa Saja?

26 September 2021 By
Musim Ini Android Hadirkan 8 Fitur Baru, Apa Saja?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Foto: Denny Muller/Unsplash

Uzone.id - Android akan segera menghadirkan fitur-fitur baru yang siap memberikan kemudahan, kenyamanan dan sensasi yang lebih seru.

Dikutip dari blog Google, Jumat (24/09/2021), mulai dari aksesibilitas ke Android Auto hingga fitur yang membuat hidup makin mudah seperti Assistant dan Gboard. 

“Kami meluncurkan fitur baru yang membantu kalian melakukan lebih banyak hal, tetap aman, dan bersenang-senang dengan ponsel Android kalian,” tulis Google.

Berikut beberapa fitur baru yang akan dihadirkan Google dalam waktu dekat.

Kontrol Ponsel dengan gestur wajah

Fitur ini terinspirasi dari penyandang disabilitas motorik dan bicara. Camera Switches dan Project Activate adalah dua fitur aksesibilitas baru yang membuat kalian bisa menggunakan ponsel dengan membuat gerakan wajah.

Camera Switches dan Project Activate akan diluncurkan mulai minggu ini. Camera Switch adalah fitur dalam Android Accessibility Suite yang bisa mengubah kamera depan menjadi saklar (Alat adaptif untuk pengganti keyboard, mouse, atau layar sentuh ponsel) sehingga kalian bisa menavigasi ponsel kalian.

Lalu Project Activate, fitur ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri saat itu juga. Kalian bisa menggunakan gestur wajah dan gerakan mata untuk mengaktifkan tindakan preset seperti mengucapkan frasa ‘tunggu!’, putar audio, atau mengirim pesan (seperti “Ayo datang kesini!”).

Ada juga fitur pengenal tulisan tangan di Lookout, ini sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan. Dalam mode Lookout, pengguna bisa membaca teks tulisan tangan  dan cetak.

Kendalikan TV dengan ponsel

Kalian sudah bisa menggunakan ponsel kalian untuk mengendalikan TV secara remote. Dengan fitur ini kalian bisa menyalakan TV, navigasi tontonan rekomendasi, bahkan bisa men-play acara favorit kalian.

Keyboard ponsel juga berguna untuk mengetikkan sandi, nama film, atau istilah pencarian yang rumit dengan cepat.

Gunakan Reminder dari Assistant untuk kelola jadwal

Sekarang kalian bisa melacak tugas dengan lebih mudah dan mengelola semua pengingat dalam satu tempat. Caranya mudah, kalian tinggal mengucapkan “Ok Google, buka pengingat saya". Atau kalian bisa membuat pengingat baru dengan suara, kalian tinggal mengucapkan, “Ok Google, ingatkan saya untuk menyirami tanaman setiap pagi" dan kalian akan diingatkan pada waktu yang tepat.

Tetap terhibur, terhubung selama berkendara

Dengan Android Auto kalian bisa terhibur dengan memutar musik, berita dan podcast favorit kalian lewat Asisten Google. Kalian juga bisa bermain game seperti GameSnakes saat sedang macet, menunggu pesanan dan lainnya.

Android Auto juga bisa membantu pengguna mengetahui rapat kerja dan pesan penting. Ada juga Waze untuk menciptakan pengalaman navigasi yang lebih efisien dan membantu kalian tetap berada di jalur yang benar.

Desain barunya mencakup dukungan touchpad, mode malam dan dukungan panduan jalur, serta menempatkan peta dan petunjuk arah di garis depan sehingga elemen lain tidak menghalangi.

Fitur ini akan segera tersedia untuk ponsel Android ketika tersambung ke mobil yang kompatibel.

Masukkan foto ke ruang yang dilindungi kata sandi

Fitur ini akan segera diluncurkan di Android, Locked Folder atau Folder terkunci di Google Photo akan membuat foto dan video kalian terlindungi. Dengan fitur ini, video atau foto yang dimasukkan ke Locked Folder takkan muncul saat membuka Google Photo atau aplikasi lainnya.

Ekspresikan dirimu dengan Gboard

Sekarang kalian bisa mengekspresikan apa yang kalian rasakan dengan emoji tambahan terbaru pada Emoji Kitchen di Gboard. Kalian bisa membuat lebih banyak kombinasi emoji dengan lebih dari 1500 stiker baru yang akan datang musim gugur ini.

Kendalikan dengan siapa kalian berbagi

Dengan peningkatan pada peraturan visibility di fitur Nearby Shares, kalian bisa mengambil alih siapa saja yang bisa menemukan dan mengirim file ke kalian. Kalian bisa memilih antara ‘semua orang’, ‘kontak kalian’, atau ‘tidak siapapun’ untuk fitur ini.

Kalian juga bisa dengan mudah mengganti preferensi melalui ruang Quick Settings di ponsel kalian.

Fitur Head Up

Dengan fitur ini, kalian bisa mendapat pengingat atau notifikasi untuk mencari dan tetap waspada ketika kalian berjalan dan menggunakan ponsel kalian.

Fitur ini hadir pertama kali tahun ini pada Pixel dan sekarang tersedia di setting Digital Wellbeing pada perangkat dengan Android 9 ke atas.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id