icon-category Gadget

MWC 2023: Koneksi Satelit iPhone 14 Jadi Fitur Mainstream di Android

Uzone.id - Koneksi satelit di smartphone langsung menjadi ‘fitur wajib’ dari sebuah smartphone flagship, setelah Apple merilis iPhone 14 Series di tahun lalu. Fitur canggih tersebut diprediksi bakal makin masif diadopsi brand ponsel Android, setelah Qualcomm mengumumkan teknologi Snapdragon Satellite di Mobile World Congress atau MWC 2023.

Snapdragon Satellite adalah platform perpesanan dua arah yang akan tersedia di smartphone Android premium generasi berikutnya. 

Qualcomm bermitra dengan Iridium, perusahaan yang mengoperasikan 66 konstelasi satelit low-earth orbiting (LEO) yang beroperasi penuh. Nah, iridium ini merupakan pesaing utama dari Globalstar, perusahaan yang menjadi mitra Apple untuk layanan komunikasi satelit di iPhone 14 Series terbaru.

“Ini memungkinkan koneksi satelit dengan daya dan latensi rendah menggunakan spektrum L-band yang tahan cuaca,” jelas Qualcomm dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

Menurut VP of Product Management Qualcomm Technologies, Francesco Grilli, Snapdragon Satellite memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk berkomunikasi di luar ruangan dengan penyedia layanan darurat, serta keluarga dan teman.

Baca juga: MWC 2023: Deretan Fitur Baru untuk Android, Chromebook Sampai Wear OS

Dengan menawarkan jangkauan global dari kutub ke kutub, Snapdragon Satellite dapat mendukung pengiriman pesan dua arah untuk keperluan mendesak, seperti SMS dan aplikasi perpesanan lainnya.

Tapi selain itu, Qualcomm menyebut kalau teknologi ini dapat dimanfaatkan pengguna saat berekreasi di lokasi terpencil, pedesaan, dan lepas pantai.

alt-img

“Dengan menggabungkan Snapdragon Satellite ke perangkat generasi berikutnya, mitra kami akan dapat menawarkan kemampuan pengiriman pesan satelit berkat konstelasi LEO global yang matang dan tersedia secara komersial,” terang Grilli.

Ia melanjutkan, Snapdragon Satellite sudah dapat digunakan pada perangkat dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2. Namun untuk kehadirannya, teknologi komunikasi via satelit ini akan tersedia pertama kali di smartphone generasi berikutnya yang akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini.

Brand smartphone seperti Honor, Motorola, Nothing, Oppo, Vivo, sampai Xiaomi, dipastikan bakal menyematkan teknologi ini pada smartphone flagship mereka yang akan datang.

Baca juga: MWC 2023: Tingkatkan Jaringan Indonesia, Indosat Kerja Sama dengan Huawei

“Snapdragon Satellite akan tersedia di semua 5G Modem-RF Systems yang akan datang dan tier Snapdragon Mobile Platform dari 8- hingga 4-, mengingat ekosistem yang semakin matang,” terang Qualcomm.

Bukan cuma smartphone, inovasi tersebut akan diperluas ke perangkat elektronik hingga industri otomotif, seperti laptop, tablet, IoT (internet of things), sampai mobil. 

Seiring pertumbuhan ekosistem, OEM dan pengembang aplikasi dapat menawarkan layanan ini dengan memanfaatkan konektivitas satelit. Inovasi rancangan Qualcomm juga dirancang untuk mendukung 5G Non-Terrestrial Networks (NTN), karena infrastruktur dan konstelasi satelit NTN telah tersedia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini