icon-category Gadget

MWC 2023: Motorola Rizr Comeback, Kini Layarnya Bisa Digulung

Uzone.id - Razr bukanlah satu-satunya smartphone dengan layar fleksibel persembahan Motorola. Di Mobile World Congress (MWC) 2023, pabrikan yang kini di bawah naungan Lenovo itu mengenalkan Motorola Rizr 2023.

Buat kalian yang lupa, Rizr sebenarnya merupakan tipe ponsel yang dulu dipasarkan Motorola di awal 2000-an. Bila Razr mengusung model clamshell, Motorola Rizr adalah ponsel dengan tampilan slider yang menampilkan keyboard fisik di bagian bawahnya.

Di MWC 2023, Motorola Rizr tampil dengan desain yang begitu berbeda dengan ponsel yang pernah meluncur pada tahun 2006. Bukan lagi slider, Motorola Rizr 2023 tampil dengan layar fleksibel yang bisa digulung atau rollable screen.

Baca juga: Dear Apple dan Samsung, Redmi Sudah Kenalkan Fast Charging 300W Lho

alt-img

Teknologi layar ini membuat ponsel punya form factor lebih kecil. Tapi apabila dibutuhkan, ponsel akan ‘memanjang’ dan menampilkan panel layar yang lebih luas dari sebelumnya.

Secara default, Motorola Rizr 2023 memajang layar 5 inci dengan aspek rasio 15:9. Dengan menekan tombol power dua kali saja, layarnya bisa memanjang hingga 6,5 inci dengan aspek rasio sinematik 22:9

Adapun panel layar yang digunakan Motorola adalah pOLED buatan BOE. Konsepnya agak mirip seperti Oppo X 2021, namun layarnya tak ‘digulung’ ke dalam bodi ponsel, melainkan membungkus panel belakang perangkat.

Saat mode ringkas, layar di belakang tetap aktif untuk sekadar menampilkan notifikasi atau menjadi view finder kamera saat pengguna melakukan selfie dengan kamera utama.

alt-img

Sedikit mempertahankan konsep Motorola Rizr versi awal, earpiece dan kamera selfie ditempatkan di bagian belakang panel layar. Jadi saat pengguna menerima panggilan telepon atau mengambil selfie, layar otomatis akan bergeser ke bawah untuk menampilkan earpiece dan kamera depan secara otomatis.

Baca juga: Hands-on Oppo Find N2 Flip, Pesaing Samsung Galaxy Z Flip4

Motorola tak memberikan informasi apapun terkait spesifikasi lengkap Rizr 2023. Perusahaan ini cuma menyebut kalau smartphone konsepnya berbobot 210 gram dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang kecil untuk sebuah ponsel pintar zaman sekarang.

Yang jadi perhatian utama dari smartphone konsep ini justru daya tahannya, terutama panel layar yang membungkus hampir sekujur bodi Motorola Rizr. Belum lagi dengan mekanisme yang perlu diperhitungkan dengan matang, karena pasti dibutuhkan motor penggerak khusus untuk memperluas layar saat pengguna membutuhkannya.

alt-img
Motorola Rizr 2023 (Foto: Techcrunch)

Belum diketahui apakah produk ini sekadar konsep saja atau Motorola bakal benar-benar merilis smartphone rollable Rizr di masa mendatang.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini