home ×
Gadget

Nasib iPhone 12 Usai Ditenggelamkan 20 Meter di Danau Air Tawar

25 February 2021 By
Nasib iPhone 12 Usai Ditenggelamkan 20 Meter di Danau Air Tawar
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Apple iPhone 12 merupakan perangkat yang tahan terhadap tumpahan dan percikan air. Ponsel ini telah mengantongi peringkat IP68 yang berarti bertahan hingga 6 meter di air selama 30 menit.

Untuk menguji hal tersebut, media teknologi asal Amerika Serikat, CNET mencoba membawa iPhone 12 ke danau air tawar bernama Lake Tahoe.

Bekerja sama dengan Mission Robotics, mereka memasang iPhone 12 pada underwater drone dari Theseus. Drone ini mampu masuk ke air sedalam 300 meter. Orang yang mengontrol dapat melihat pemandangan dari kamera Theseus, serta memantau kedalaman dan suhu air dari komputer di pantai.

Apple sendiri telah menginformasikan secara resmi bahwa pengguna tidak boleh dengan sengaja tenggelam atau berenang dengan iPhone, atau membawanya ke suhu ekstrem. Tapi untuk tujuan pengujian, CNET membawa iPhone 12 ke kedalaman 6 meter selama 30 menit untuk pengujian pertama.

Baca juga: Apple Rebut Tahta Samsung

Suhu air di Lake Tahoe adalah 11 derajat Celsius. Setelah 30 menit, mereka mengeluarkan ponsel dari air dan mengeringkannya dengan kain. Sesudahnya, layar sentuh pada ponsel masih baik-baik saja. Kameranya tampak jernih dan foto terlihat normal. Sementara itu, speaker terdengar agak terendam.

Kemudian, CNET melakukan pengujian kedua terhadap iPhone 12 yang masih berfungsi seperti biasa. Mereka membawa perangkat itu ke kedalaman air yang lebih ekstrem, yaitu 20 meter. Suhu air adalah 10 derajat Celsius, lebih dingin dari sebelumnya.

Setelah mencapai 30 menit, mereka memutuskan untuk membiarkannya terendam sedikit lebih lama sampai 40 menit. Hasilnya, iPhone 12 masih dapat beroperasi seperti biasa.

Layarnya responsif, tombol volume dan daya berfungsi, dan kedua kamera berfungsi dengan baik. Speaker masih terdengar teredam saat memutar ulang suara.

Baca juga: Benarkah Apple bakal Luncurkan iPhone Lipat tahun 2024?

Setelah mengelap iPhone 12, mereka mematikannya dan membiarkannya selama beberapa hari, agar benar-benar kering.

Setelah membiarkannya mengering selama 72 jam, tiga lensa pada iPhone 12—ultrawide camera dan wide-angle camera di bagian belakang, serta kamera depan—mengalami fogging (seperti ada kabut pada kamera).

Baterainya juga benar-benar habis, jadi mereka mengisi dayanya melalui port Lightning. Namun begitu mereka melakukannya, layar iPhone 12 menampilkan Diagnostic. CNET sendiri menduga hal itu mungkin karena kerusakan berkepanjangan akibat air, pergeseran suhu dari air ke dalam ruangan, atau kombinasi keduanya.

VIDEO: Unboxing Redmi 9T Seharga Rp2,39 Juta

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article