icon-category Digilife

Netflix ‘Buka Kartu’ Soal Kebiasaan Pengguna di Indonesia

  • 09 Jan 2020 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi: Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

    Uzone.id -- Persaingan layanan streaming di Indonesia cukup berwarna berkat kehadiran beberapa pemain besar, salah satunya Netflix. Seberapa populer layanan asal Amerika Serikat ini di Indonesia, ya?

    Berbicara soal Netflix, cakupan layanan streaming on-demand ini memang luas karena jangkauannya sudah global. Indonesia menjadi pasar yang dianggap potensial oleh Netflix, terutama dari sisi kekayaan budayanya yang dapat dijadikan inspirasi dari cerita orisinalnya.

    Lantas, bagaimana dari sisi volume atau fakta unik dari pengguna Netflix di Indonesia?

    “Kami tentu gak bisa beberkan angka, apalagi jumlah pengguna di suatu negara. Yang jelas, karakteristik pengguna di Indonesia itu berbeda dari negara lain,” ucap Managing Director Netflix Asia Pacific, Kuek Yu-Chang saat jumpa pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta, Kamis (9/1).

    Baca juga: Mendikbud Nadiem Makarim Kolaborasi Sama Netflix, Ngapain?

    Dia melanjutkan, “kami melihat kalau pengguna di Indonesia itu gemar menonton di smartphone. Jumlah pengguna Netflix yang memakai smartphone itu dua kali lebih banyak dibandingkan pasar global lain.”

    Tentu hal ini menarik, karena penetrasi ponsel pintar di Indonesia kian besar. Dari data Statista pada Juli 2019, penetrasi ponsel pintar di Indonesia mencapai seperempat dari total penduduk Tanah Air.

    Penetrasi pengguna ponsel pintar pada 2019 kemarin diprediksi mencapai 28 persen, naik sekitar 2 persen dari tahun sebelumnya. Angka tersebut kemudian diproyeksikan akan terus menanjak hingga 4 tahun ke depan, yakni mencapai 33 persen dari total populasi.

    Baca juga: Netflix Rilis Paket Khusus Ponsel, Harganya Rp49 Ribu

    Bahkan beberapa waktu lalu Netflix merilis paket husus yang diberi nama “Paket Ponsel”. Harganya terjangkau, yakni Rp49 ribu per bulan. Sesuai namanya, paket ini memang diperuntukan bagi pengguna yang ingin menikmati Netflix di perangkat ponsel aja.

    Melihat fasilitas ‘mulia’ Netflix tersebut seakan turut menjadi bukti tambahan kalau pengguna Netflix di Indonesia doyan streaming Netflix di ponsel pintar. Ukuran layar tampaknya gak jadi masalah ya gaes, mengingat ponsel lebih kecil ketimbang perangkat tablet, laptop, atau bahkan TV.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini