icon-category Digilife

Netizen Kena Prank Kenaikan Harga BBM, Kamu Juga?

  • 01 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Linimasa Twitter dipenuhi oleh kicauan warganet yang ‘kena prank’ kenaikan harga BBM. Pasalnya, isu harga BBM yang naik pada 1 September bikin masyarakat Indonesia panik dan rela mengantre di SPBU terdekat untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan mereka.

    Pada Rabu malam (31/8), SPBU Pertamina di berbagai daerah ramai dipadati antrean. Alih-alih untung, netizen malah jadi buntung.

    Setelah mengantre berjam-jam di SPBU, esoknya Pertamina menginfokan tidak jadi menaikkan harga BBM jenis Pertalite. Malah yang ada, mereka menurunkan harga beberapa jenis BBM seperti Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite per 1 September 2022.

    Harga Pertalite yang tidak jadi naik ini lantas membuat netizen kesal, lantaran merasa ‘di-prank’ pemerintah.

    Baca juga: Panduan Lengkap Pendaftaran Solar Subsidi dan Pertalite 4 Roda

    Berbagai unggahan sindiran pun memadati Home Page Twitter. Bahkan, tagar #SPBU pun sempat masuk trending di Twitter. Sejauh pantauan Uzone.id, topik SPBU ini sudah di tweet sebanyak puluhan ribu kali.

    Sebagian besar dari mereka kesal karena sudah mengantre berjam-jam untuk mengisi bahan bakar kendaraan mereka. 

    Prank atau panic buying?


    Ramainya antrean karena isu kenaikan BBM ini jadi contoh nyata kebiasaan buruk masyarakat Indonesia, yaitu kepanikan sosial. Isu yang beredar langsung ditelan mentah-mentah oleh masyarakat Indonesia, tanpa disikapi dengan bijak. 

    Baca juga: 5 Tuntutan Ojol saat Demo di Gedung DPR, Ada Tolak BBM Naik

    Beberapa netizen pun ada yang mengungkapkan bahwa kejadian ini bukanlah sebuah prank, melainkan masyarakatnya saja yang tidak bisa menyikapi informasi dengan baik. Beberapa menyebutkan salah satu bad habit Indonesia adalah panic buying.

    Apakah kalian termasuk salah satu orang yang ikut mengantre berjam-jam di SPBU semalam? 

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini