home ×
Digilife

Netizen Ubah Singkatan e-KTP Gara-gara Harus Difotokopi saat Vaksin

23 July 2021 By
Netizen Ubah Singkatan e-KTP Gara-gara Harus Difotokopi saat Vaksin
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dipermasalahkan oleh netizen gara-gara petugas vaksin Covid-19 masih meminta fotokopi e-KTP sebagai syarat administrasi.

Masalah itu itu juga ditwit oleh komedian dan selegram Tretan Muslim pada Kamis (22/7/2021). Menurutnya, banyak netizen yang tidak bisa mendapat vaksin Covid-19 gara-gara tidak membawa foto kopi e-KTP.

BACA JUGA: Siaran TV Analog Dimatikan Agustus, TV Berbayar Tetap Perlu STB

"Baca reply banyak yang tidak bisa vaksin karena tidak bawa fotocopy KTP, maksudnya ini kan pandemi, darurat, bahaya, DARURAT, DARURATTT WOYYYYY, KOQ MASIH HARUS FOTOCOPY YA HALOO @KemenkesRI, tolong ciri khas birokrasi Indonesia fotokopi jangan dipake dulu," tulis Tretan.

Beberapa netizen yang menumpahkan rasa kecewa terhadap petugas vaksin, di antaranya ada yang mengatakan dirinya ditolak oleh petugas karena tidak membawa foto kopi e-KTP, apalagi tidak ada tukang foto kopi yang buka di pagi hari.

"Mereka (petugas) beralasan 'kami juga perlu datanya' padahal gue udah tunjukin yang asli' dan udah nulis formulir juga," kata netizen tersebut.

 

Beberapa netizen lainnya malah meresponnya dengan satire. Mereka mengubah kepanjangan "e-KTP" dengan nama yang kreatif. Ada yang menyebut e-KTP sebagai 'Eh-Kok Tetep Potokopi?' hiingga ada juga mengubah kepanjangan "e" menjadi Epson karena masih butuh foto kopi.

Nama "e-KTP" pun jadi viral dan masuk 15 besar trending topic Twitter dengan lebih dari 5.000 twit. 

 

 

 

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id