Home
/
Automotive

New Honda PCX 160 Tantang Yamaha Nmax Turbo, Siapa Lebih Menggoda?

New Honda PCX 160 Tantang Yamaha Nmax Turbo, Siapa Lebih Menggoda?

Komparasi New Honda PCX 160 vs Yamaha Nmax Turbo (Dok: Uzone.id/Brian)

Brian Priambudi11 December 2024
Bagikan :

Uzone.id - Persaingan skutik bongsor 150 cc kembali memanas dengan hadirnya New Honda PCX 160. Skutik ini kerap dibanding-bandingkan dengan Yamaha Nmax yang kini punya embel-embel "Turbo". Lantas bagaimana perbedaan spesifikasinya?

Secara desain, New Honda PCX 160 tampil lebih tegas meskipun tidak meninggalkan kesan elegan. Kini lampu utamanya menggunakan dua buat headlamp dengan pencahayaan LED. Di atas ampu utama ini terdapat daytime running light yang segaris dengan lampu utamanya.

Sementara di bagian belakang New Honda PCX 160 menggunakan lampu yang lebih agresif dari generasi sebelumnya. Hal ini diperlihatkan dari desain yang meruncing dan tajam.

Sementara Yamaha Nmax Turbo kini tampil lebih agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Keagresifannya bisa dilihat dari desain lampu depan dan belakang yang lebih tajam.

Preview

Ditambah, Yamaha Nmax Turbo juga mendapatkan body baru yang memiliki garis lebih tegas. Berbeda dari generasi sebelumnya yang tampil lebih bulat dan lebar, sehingga memberikan kesan elegan.

New Honda PCX 160 masih mengusung dapur pacu 157 cc, 1-silinder, SOHC, 4-klep, berpendingin cairan. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 11,8 kW atau setara 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm. Mesin ini masih sama seperti generasi sebelumnya dan tidak mengalami perubahan.

Sedangkan Yamaha Nmax mendapatkan dapur pacu baru yang menjadi generasi ketiga dari mesin 155 cc VVA Yamaha. Mesin ini memiliki konfigurasi 155 cc, Blue Core, 4-katup, SOHC, berpendingin cairan yang dilengkapi Yamaha Electric CVT (YECVT), sehingga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 15,1 dk dan torsi 14,2 Nm.

Preview

Dari segi kaki-kaki, New Honda PCX 160 masih menggunakan pelek belang dengan ukuran yang sama dengan sebelumnya yakni ban 110/70 ring 14 inci di depan dan 130/70 ring 13 inci di belakang. Kedua roda tersebut didukung dengan suspensi teleskopik di depan dan dua shock absorber di belakang lengkap dengan subtank untuk varian RoadSync.

Begitu juga pada Yamaha Nmax Turbo, karena mengusung pelek 13 inci dengan ukuran ban 110/70 di depan dan 130/70 di belakang. Kedua roda tersebut didukung dengan suspensi teleskopik di depan dan dual shock absorber dengan subtank di belakang.

Berikut perbandingan spesifikasi New Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax Turbo:

SpesifikasiNew Honda PCX 160Yamaha Nmax Turbo
Mesin
Kapasitas Silinder156,9 cc155,09 cc
Tipe MesinSOHC, 4 katup, eSP+, berpendingin cairanSOHC, 4 katup, VVA, berpendingin cairan
Sistem PembakaranFuel InjectionFuel Injection
Bore x Stroke60 mm x 55,5 mm58 mm x 58,7 mm
Rasio Kompresi12:111,6:1
Tenaga Maksimum11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm11,3 kW (15,1 Tk) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum14,7 Nm / 6.500 rpm14,2 Nm / 6.500 rpm
StarterElektrikElektrik
TransmisiCVT KonvensionalYECVT
Dimensi & Kapasitas
Panjang x Lebar x Tinggi1.936 mm x 742 mm x 1.123 mm1.955 mm x 740 mm x 1.095 mm
Jarak Sumbu Roda1.313 mm1.390 mm
Tinggi Duduk764 mm765 mm
Kapasitas Tangki Bensin8,1 Liter7,4 Liter
Kapasitas Bagasi30 Liter23,5 Liter
Rangka & Kaki-kaki
Tipe RangkaUnderboneUnderbone
Material RangkaBajaBaja
Suspensi DepanTeleskopik, 31 mmTeleskopik, 26 mm
Suspensi BelakangSubtankSubtank
Ukuran Ban Depan110/70-13"110/70-13"
Ukuran Ban Belakang130/70-13"130/70-14"
Rem DepanCakram hidrolik, 2 pot, ABSCakram hidrolik, 2 pot, ABS
Rem BelakangCakram hidrolik, 1 potCakram hidrolik, 1 pot, ABS
populerRelated Article