icon-category Digilife

NFT Siap Gempur Instagram, Buat Apa?

  • 16 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Deeksha Pahariya/Unsplash

    Uzone.id - Mark Zuckerberg baru-baru ini membocorkan kabar kalau NFT bakal ditambahkan ke Instagram dalam beberapa bulan yang akan datang. Kabar ini diucapkan langsung olehnya dalam sebuah sesi acara South By Southwest (SXSW), Selasa, (15/03/2022).

    Nah, pernyataan ini didukung juga dengan ucapan Bos Instagram Januari lalu yang mengatakan kalau mereka secara aktif mengeksplor NFT.

    NFT ini nantinya untuk apa dan dalam bentuk bagaimana ya? Jawabannya, masih misteri dan masih belum jelas.

    Meta sendiri masih belum banyak menjelaskan mengenai NFT di platformnya ini, namun mereka dilaporkan sedang mengerjakan integrasi NFT ke Instagram.

    Baca juga: Disney+ Hotstar Siap Tayangkan ‘Ms. Marvel’, Superhero Muslim Pertama!

    Menurut The Verge, Rabu, (16/03/2022), laporan dari bulan Januari lalu menunjukkan bahwa fitur yang sedang dikerjakan Meta akan memungkinkan pengguna menggunakan NFT sebagai profil, dan bahkan bisa membuat NFT di Instagram.

    Lalu manfaatnya apa? Mungkinkah kita bisa menjual postingan kita sebagai NFT? Atau membuat NFT sebagai ‘tiket’ untuk nonton konten-konten di Instagram? Mari kita lihat nanti.

    Zuckerberg memang tidak mau ketinggalan kalau menyangkut hal-hal yang lagi booming, sebut saja fitur video pendek ala TikTok yang mereka masukkan ke platformnya. Lalu Zuckerberg juga pernah berambisi membuat uang kripto sendiri karena sedang ramai dibahas, ya meskipun hasilnya gagal.

    Meskipun terlihat agak memaksa, namun NFT ini masih ada kaitannya dengan Metaverse yang sedang digagas oleh Meta. Mark mengatakan bahwa mereka bisa mencetak pakaian avatar lalu menjualnya sebagai NFT.

    Baca juga: Instagram Luncurkan Fitur Moderator untuk Live IG, Apa Gunanya?

    Mark menyadari bahwa sebelum melangkah lebih jauh, ada “banyak hal teknis yang perlu diselesaikan sebelum hal ini (ambisinya) bisa mulus terjadi,” kayanya di atas panggung South By Southwest.

    Instagram sendiri bukan yang pertama membawa NFT ke platform mereka, sebelumnya ada aplikasi burung biru alias Twitter yang memungkinkan pengguna mengatur NFT yang mereka punya sebagai foto profil mereka. Foto profil NFT ini akan berbentuk segi enam.

    Nantinya, pengguna Twitter bisa melihat foto NFT ini dengan mengklik foto profil si pemilik dan dapat melihat metadata NFT-nya. 

    Mengingat Meta sering ‘mencontek’ fitur-fitur dari platform lain, tak kaget jika nantinya mereka akan melakukan hal yang mirip-mirip dengan Twitter.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini