icon-category Auto

Ngabuburide: Mau Touring? Siapkan Dulu Rute dan RAB

  • 19 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Couching clinic Safety Riding di event Ngabuburide Bareng Uzone.id (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Bagi kamu yang mau melalukan touring jarak jauh dengan mengendarai sepeda motor, tentu saja urusan fisik dan mental wajib dipersiapkan secara matang. Hal itu demi menunjang keselamatan sepanjang perjalanan.

    Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa penting membuat rute dan rancangan anggaran biaya (RAB) untuk beberapa hari perjalanan.

    Hal itu disampaikan oleh Andra, pemilik konten Father and Son Ride For Partnership, saat menjadi bintang tamu event Ngabuburide Bareng Uzone.id di Mulia Bussines Park, Jakarta Selatan, pada Sabtu (16/4/2022). 

    "Kemarin ke Papua (selama) 2 bulan. Nah, selama 2 bulan saya buat RAB plus map (rute) yang saya lalui, mulai dari Selat Makassar nyebrang ke Ternate, ke Almahera, sampai ke Sorong sampai finish di Merauke. Kurang lebih itu," tutur Andra.

    BACA JUGA: Ngabuburide: Tips Hindari Microsleep saat Touring Motor, Gampang Banget!

    Menurutnya, membuat RAB dan rute sebelum touring sangat penting agar benar-benar terjadwal.

    Kemudian, Andra juga bilang bahwa jangan khawatir ketika touring ke daerah-daerah terpencil tidak kebagian sinyal seluler.  

    "Pengalaman saya selama ini keliling Indonesia tidak pernah putus dengan jaringan. Jadi, kebetulan saya pakai provider unggulan lah ya di Indonesia, teman-teman tahu semua lah ya, bagus banget, Telkomsel," kata dia.

    Selanjutnya ada pertanyaan untuk Andra ketika melalukan touring di Papua, bagaimana cara menghindari wilayah-wilayah konflik di sana.

    Berbeda dengan persepsi kebanyakan orang bahwa Papua banyak konflik. Menurut Andra, sebagian besar wilayah Papua tergolong aman. Untuk daerah-daerah konflik sendiri, kata Andra, adanya di kawasan pegunungan Papua.

    "Sebenarnya saya ada titipan dari teman-teman bikers yang ada di Papua, mereka sangat welcome sekali kepada teman-teman yang mau datang ke Sorong, Merauke," kata pria yang mengandalkan Kawasaki Versys X 250 saat keliling Indonesia ini.

    FOTO: Serunya Ngabuburide ala Uzone, Sharing soal Safety Riding

    Meskipun media banyak memberikan konflik-konflik yang ada di Papua, menurutnya itu cuma ada di titik-titik tertentu saja di daerah pegunungan.

    "Itu ada bbebrapa titik kalau bisa dihindari karena di situ ada beberapa, sebelum berangkat sharing dengan TNI kalau bisa menghindari pegunungan," ungkapnya.

    Andra bercerita ketika touring di Papua, awalnya sempat mau ambil rute Sorong-Manokwari sepanjang 120 km, dengan kondisi jalan sedikit rusak, namun urung setelah terjadi peristiwa konflik di sana.

    "Kemarin ada kejadian satu desa habis, jadi saya urungkan niat, saya ambil jalur aman," kata dia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini