icon-category Gadget

Ngecas iPhone 15 Pakai Kabel USB-C Android Gak Aman?

Uzone.id - Setelah belasan tahun mempertahankan port Lightning, Apple akhirnya menggunakan konektor USB-C juga pada iPhone 15 Series. Pertanyaannya, karena USB-C adalah port universal, bisa gak sih ngecas iPhone 15 pakai kabel smartphone Android?

Pengenalan port USB-C sebagai konektor iPhone 15 Series memang mencuri perhatian. Langkah Apple untuk mengikuti keinginan Uni Eropa ini dipandang sebagai langkah maju dalam kompatibilitas dan kenyamanan pengguna.

Kalau sebelumnya fanboy Apple harus membawa lebih dari satu kabel untuk mengisi daya iPhone, iPad, dan MacBook mereka, sekarang dengan port USB-C di iPhone generasi terbaru, satu kabel bisa dipakai untuk mengisi semua gadget.

Tapi, adanya port USB-C pada iPhone 15 Series juga, menimbulkan pertanyaan dan memicu perdebatan. Sebenarnya, ngecas iPhone 15 Series bisa pakai kabel Android atau tidak, jikapun bisa, apakah aman?

Dikutip dari Gizmochina, pertanyaan ini jadi kekhawatiran dari beberapa toko resmi Apple di China. Rupanya, toko-toko ini menyarankan agar pengguna tidak menggunakan kabel Android untuk mengisi daya baterai iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max.

Alasannya, adanya kemungkinan perangkat tersebut mengalami overheat selama proses pengisian daya. Diduga, ada sedikit perbedaan antara kabel USB-C bawaan pada smartphone Android dan iPhone.

Perbedaan ada pada susunan pin, dimana terdapat celah kecil antara konektor 9 pin baris tunggal dan konektor 11 pin baris tunggal, sehingga menyebabkan dugaan masalah overheat saat pengisian daya berlangsung.

Apple sendiri memang tidak menyatakan secara gamblang terkait hal ini. Dalam situs resminya, Apple hanya menjelaskan bahwa pengguna dapat mengisi daya iPhone 15 Series dengan kabel USB-C dan adaptor daya yang sesuai dengan standar USB-C, termasuk kabel berteknologi power delivery.

“Kabel dan adaptor daya ini banyak tersedia dari Apple dan produsen lain. Jika Anda memiliki adaptor daya USB-C 20W atau adaptor daya USB-C dengan watt lebih tinggi, Anda dapat menggunakannya dengan iPhone untuk pengisian daya yang lebih cepat,” jelas Apple.

“Anda juga dapat mengisi daya iPhone dengan menghubungkannya ke port USB-C di komputer,” sambung raksasa teknologi asal Cupertino itu.

Tampaknya rekomendasi ini hanya sebatas himbauan ‘tak resmi’ dari beberapa toko resmi Apple di China. Bisa jadi, ini hanyalah cara agar pengguna iPhone 15 Series membeli kabel USB-C resmi dari Apple di toko-toko mereka. 

Namun, agar lebih aman sebaiknya cari kabel USB-C yang sudah melalui berbagai pengujian dan memenuhi standar USB-IF.

Hindari juga penggunaan kabel USB-C yang harganya murah, karena bisa saja tidak memenuhi standar yang sudah ditetapkan. Hingga kini, belum ada komentar lebih lanjut dari Apple. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini