Auto

Ngegas Toyota GR Yaris, Spek Balap untuk Harian Seharga Rp800 Jutaan!

  • 24 October 2021
  • Bagikan :
    Ngegas Toyota GR Yaris, Spek Balap untuk Harian Seharga Rp800 Jutaan!

    Yess, banyak yang bilang lelaki sejati itu harus pakai mobil 3 pedal. Tapi liat-liat mobilnya dulu. Kalau mobilnya pakai mesin 1.600cc 3 silinder turbo bertenaga 260 Hp dan torsi 360 Hp, ya iya enak pakai 3 pedal..

    Uzone.id - Apa jadinya kalau kita dikasih kesempatan untuk mencoba langsung mobil yang dari awal di rancang untuk balap? Padahal, kalau dari nama, sangat pasaran dan familiar, Toyota Yaris.

    Hmm, tapi ini Yaris bukan sembarang Yaris. Ini yaris yang di di depan namanya punya gelar GR alias Gazoo Racing.

    Iya memang udah ada Toyota Yaris GR Sport yang sempat diluncurkan Toyota Indonesia. Tapi ini beda, sekali lagi, sangat berbeda. Nama GR terletak di depan nama Yaris, bukan sebaliknya.

    Selain harga jualnya yang berbeda, Toyota GR Yaris yang hanya dijatah sebanyak 126 unit untuk Indonesia ini punya banderol Rp850 juta off the road. Gokil..!

    BACA JUGA: Kawasaki Ninja ZX600 R Jadi Tongkrongan Ahmad Dhani Muda

    Tampilan sangar bin gahar

    Kita liat tampilannya dulu. Sosoknya dijamin sangat mencolok di jalanan. Begitu rendah, begitu lebar, dengan bodikit yang agresif yang beneran dirancang untuk mendukung aerodinamis dan pendinginan optimal.

    Dari depan sampai belakang, seolah semuanya di rancang sempurna untuk menghasilkan sebuah mobil spek rally namun tetap nyaman digunakan harian.

    Tiga pintunya yang menggoda dan sepasang pintu kanan kiri tanpa frame jendela. Kemudian kaliper rem yang dibuar berwarna merah dengan big brake. Dan serangkaian bodikit dan spoiler yang sangat menggoda.

    Pokoknya kalian para petrolhead pasti bakal tergila-gila dengan tampang dari GR Yaris ini.

    Kabin layaknya mobil harian

    Kalau di luar tampilannya sangar bin gahar, beda lagi di dalam kabinnya. Ini mah sama aja kayak mobil harian! Tapi ya memang benar, nuansa kabinnya sangat terasa mobil harian.

    Mulai dari setir plus tombol-tombolnya, kemudian layar sentuh floating, rem tangan masih manual dan kalau pun akan terasa sport, adalah sepasang jok depannya yang sudah bucket dengan material yang nyaman, paduan suede dan kulit.

    Saat diduduki pun, ya gak beda kayak nyetir Yaris harian. Posisi duduk gak lebih rendah juga dan visibilitas tetap baik, depan, samping kanan kiri belakang semuanya mudah terjangkau.

    Handling dan performa monster

    Tapi ketika tombol start/stop engine dinyalakan, barulah jantung kalian bakal berdebar. Memang, suara knalpot standarnya tidak menyemburkan suara yang garang khas knalpot racing, tapi tetap aja raungan suaranya merangsang adrenaline.

    Bermesin 1.618cc 3-Silinder dengan Turbocharger, bertenaga 260 Hp pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm.

    Mesin itu disalurkan melalui penggerak 4 roda (4WD) yang dikombinasi transmisi manual 6-percepatan dengan Intelligent Manual Transmission (iMT), plus fitur Limited Slip Differential (LSD).

    Perpindahan tuas transmisinya ringan dan presisi, kemudian injakan koplingnya juga ringan, namun begitu nyangkut, tenaga monsternya langsung terasa dan gigi satunya punya nafas yang panjang.

    Untuk melakukan putaran kencang 360 drajat, bahkan kami tidak perlu menginjak kopling dan rem, cukup lepas dan mainkan gas, maka mobil bisa sliding dengan terkendali dan untuk pengemudi non pembalap pun, ternyata relatif mudah dikendalikan.

    Secara keseluruhan, GR Yaris ini menawarkan performa monster yang memang buas dan handling yang lincah dan presisi serta feedback traksi yang sangat terasa sampai ke genggaman setir.

    Kesimpulan

    Ya, meskipun unitnya terbatas dan dengan harga semahal itu, tentu kami pun gak mamu untuk membelinya, tapi setidaknya, Toyota sudah memberikan driving experience GR Yaris yang langka di dunia ini. Kami puas!

    VIDEO Ngegas Toyota GR Yaris:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini