icon-category Film

Nggak Bisa Nonton ‘Infinity War’ Besok? Ini Tips Buat Hindari Spoiler di Medsos

  • 24 Apr 2018 WIB
  • Bagikan :

    “Loe diem aja ya nanti kalau udah selesai nonton! Nggak usah ngasih spoiler!”

    “Gue nggak pernah spoiler langsung kok orangnya. Yang ada, loe bakal nemuin spoiler itu kalau lagi buka medsos.”

    “Bener juga loe! Terus gimana, donk!?”

    via GIPHY

    Kira-kira begitu percakapan antara gue dan seorang teman yang nggak dapet tiket nonton ‘Avengers: Infinity War’ di hari perdana film ini rilis besok, 25 April. Begitu galau dan insecure dirinya, takut mendadak denger spoiler atau nggak sengaja baca tulisan di medsos yang mengandung plot cerita.

    Hanya berselang satu malam dari perdana ‘Infinity War’ di Indonesia, euforianya semakin terasa di mana-mana. Teman gue nggak cuma satu orang yang sudah ngewanti-wanti supaya jangan nyebar spoiler. Bahkan sampai ada yang niat nulis di story Instagram, bikin pengumuman agar jangan ada yang posting konten berisi spoiler.

    Nggak salah sih, pasalnya duo sutradara Russo Brothers aja beberapa waktu lalu juga mengingatkan supaya nggak spoiler. Hal ini membuat ‘Infinity War’ terasa begitu sakral dan menciptakan rasa deg-degan berlebih bagi siapapun yang hendak menontonnya.

    Kalau kamu berhasil membeli tiket nonton pada 25 April, kamu termasuk orang pertama yang menyaksikan pertempuran epik antara tim Avengers dan Guardians of the Galaxy melawan Mad Titan alias Thanos dan para sekutunya, Black Order.

    Sementara bagi kamu yang bernasib sama seperti teman gue -- nggak dapat tiket nonton hari pertama -- dan insecure karena takut melihat atau membaca spoiler khususnya di media sosial seperti Twitter dan Instagram, ada tipsnya, nih.

    via GIPHY

    Pertama, mari bahas Twitter dulu.

    Berterima kasih lah kepada Twitter karena media mikroblog ini menyediakan fitur mute account sejak dahulu kala, serta sekarang ada juga fitur mute words. Dulu, mute account ini dimanfaatkan bagi user yang nggak mau lihat update dari akun-akun tertentu tanpa harus unfollow.

    Nah, kalau kamu nggak mau mendadak menerima notifikasi, melihat tweet dengan kata-kata spesifik seperti ‘Avengers’, ‘Infinity War’, ‘Captain America’, ‘Marvel’ muncul di linimasa, reply dan retweet orang-orang, fitur ini dapat kamu manfaatkan.

    Caranya:

    1. Klik Settings and privacy di profil Twitter kamu. Kalau buka dari web, kamu bisa langsung pilih opsi Muted words.

    2. Kalau buka dari aplikasi mobile, Settings and privacy > Content preferences > Muted > Muted words.

    3. Klik Add.

    4. Ketik kata, frasa, emoji, tanda pagar yang mau kamu bungkam alias blockMisalnya kamu nggak mau lihat apapun yang memiliki kata ‘Infinity War’, ‘Avengers’, ‘Marvel’ dan lain sebagainya, tinggal ketik kata-kata tersebut.

    5. Ada opsi Home timeline dan Notifications, kamu bisa ceklis jika kata-kata itu nggak mau lihat di linimasa dan kolom notifikasi. Pun begitu dengan sumbernya, kalau nggak mau lihat tweet dari semua orang, tinggal pilih From anyone.

    6. Pilih durasinya. Ada pilihan 24 hours, 7 days, 30 days, hingga Forever.

    7. Klik Add untuk menyimpan kata-kata itu di daftar Muted.

    Selesai, deh!

    Kedua, Instagram. Karena memiliki konsep berbeda dari Twitter yang isinya tulisan, Instagram adalah persoalan visualisasi. Semuanya berbentuk gambar dan video. Kalaupun ada tulisan, paling sering ditemui di fitur Stories.

    Nah, kalau kamu kebetulan mengikuti (follow) akun Marvel Studios, akun berkaitan dengan dunia film, hingga mungkin sejumlah akun teman-teman kamu yang terkenal hobi nyebarin spoiler, kamu tinggal mute aja Story akun tersebut.

    Caranya, kamu cari bubble akun mereka di kolom Stories di Home kamu. Kamu tekan yang lama di profile mereka, nanti akan muncul dua opsi, yaitu View Profile dan Mute. kamu klik aja yang Mute. Dengan begitu, Story mereka nggak akan muncul di halaman depan Home kamu.

    Saran terakhir yang paling mudah dilakukan untuk diaplikasikan ke semua jejaring media sosial adalah, log out dulu semua akun kamu sampai kamu selesai nonton ‘Infinity War’, niscaya hidup lebih tenteram tanpa gangguan! He he he...

    via GIPHY

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini