Digilife

Nih, 5 Tips Belanja Online di Harbolnas 11.11 Supaya Gak Kalap

  • 11 November 2019
  • Bagikan :
    Nih, 5 Tips Belanja Online di Harbolnas 11.11 Supaya Gak Kalap

    Ilustrasi. (Foto: Freepik)

    Uzone.id - Festival belanja 11.11 yang bermula dari perayaan hari jomlo atau Singles’ Day di China sudah di depan mata. Beberapa e-commerce di Indonesia, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Blanja, dan lainnya turut memeriahkan momen ini.

    Sebagai konsumen, kamu mungkin punya beberapa barang yang ingin dibeli di festival belanja yang digagas oleh Alibaba melalui e-commerce Tmall ini, karena tergiur dengan diskon yang ditawarkan.

    Namun, agar tidak kalap dalam berbelanja online, kamu perlu menyimak beberapa tips berikut ini dari berbagai sumber.

    Bikin daftar belanjaan

    Sebelum festival belanja 11.11 berlangsung, kamu perlu menyusun anggaran dan daftar belanjaan. Ini penting, supaya kamu bisa fokus dalam berburu barang sesuai kebutuhan dengan penawaran menarik di festival 11.11.

    Baca juga: Sejarah Hari Belanja Online 11.11, Bermula dari Hari Jomblo di China

    Tambahkan ke troli belanja

    Salah satu kesalahan yang dilakukan orang-orang saat belanja di festival 11.11, yaitu mereka menunggu sampai pukul 11.11 untuk mencari barang yang ingin dibeli, padahal gak begitu.

    Tips belanja cerdas saat festival 11.11, yaitu kamu sudah memasukkan barang-barang ke troli jauh-jauh hari. Jadi, kamu gak perlu kesulitan mencari barang-barang dan kamu hany perlu membayar saat festival belanja 11.11 berlangsung.

    Jangan tertipu

    Kamu menunggu festival belanja 11.11 untuk membeli semua kebutuhan? Sebaiknya jangan, ya, karena tidak semua barang ditawarkan dengan harga asli.

    Maksudnya, harga barang tersebut mungkin telah dinaikkan terlebih dahulu untuk kemudian didiskon. Jadi, kamu perlu riset harga, sebelum belanja online.

    Baca juga: Bikin Game, Lazada Ngajak Belanja Atau Main Game Sih?

    Cek lagi dan lagi

    Selalu periksa dan periksa lagi (kalau perlu sampai tiga kali) barang-barang yang kamu beli, termasuk kebijakan pengembalian. Kamu wajib tahu apakah ada kebijakan pengembalian dana penuh atau tidak kalau barang yang dibeli tidak sesuai pesanan.

    Apakah kamu benar-benar membutuhkannya?

    Diskon-diskon yang ditawarkan dalam festival belanja 11.11 mungkin tampak menggiurkan. Namun, kamu perlu memikirkan kembali, apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut?

    Ya! Kamu wajib berbelanja dengan penuh tanggung jawab dan jangan sampai mengganggu kondisi keuangan kamu.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini