icon-category Digilife

Nonton 'Spider-Man: No Way Home' di Situs Abal-abal Diganjar Pembobolan

  • 17 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Marvel/Sony

    Uzone.id – Satu dunia sedang merayakan euforia sama, yakni kehadiran film terbaru ‘Spider-Man: No Way Home’ gubahan Marvel Studios dan Sony Pictures. Saking hebohnya film waralaba baru ini, hal ini dijadikan celah oleh para hacker yang berniat jahat.

    Di Indonesia sendiri, ‘No Way Home’ tayang mulai tanggal 15 Desember 2021. Tiketnya ludes di mana-mana, Trending Topic di Twitter pun sampai sekarang masih terus berlanjut. Maklum, banyak spekulasi beredar mengenai siapa saja yang akan muncul di dalam film dan membuat satu dunia penasaran.

    Di tengah euforia seperti ini, apalagi orang-orang yang merasa tertinggal dan tidak mendapatkan tiket bioskop, sangat mungkin menghalalkan berbagai cara agar tetap menyaksikan aksi Peter Parker melawan banyak musuhnya itu di hari perdana tayang.

    Baca juga: 7 Ide Konten Video Pendek yang Bisa Trending

    Rasa terburu-buru dan takut tidak update ini membuat rasa waspada jadi berkurang. Alhasil, situs abal-abal yang menjanjikan akan memutar film ‘No Way Home’ di hari perdana pun tetap diklik juga.

    Padahal, ini adalah siasat para pelaku kejahatan siber di luar sana untuk mencuri data pribadi kita. Yup, situs nonton gratis abal-abal ini merupakan laman phishing.

    Dari temuan tim peneliti Kaspersky, aktivitas intensif dari para penipu online ini memanfaatkan situs phishing untuk mencuri detail bank pengguna. Tentu saja mereka menargetkan orang-orang yang ingin menonton film superhero ini dengan cepat tanpa keluar biaya.

    Tak tanggung-tanggung, para hacker ini bahkan memasang poster hasil karya pengemar (fanart) yang menampilkan tiga pemeran Spider-Man, yaitu Tom Holland, Andrew Garfield, dan Tobey Maguire.

    Contoh situs web phishing yang menawarkan streaming 'No Way Home' dengan fanart penggemar sebagai poster/dok. Kaspersky

    Cara kerjanya, pengguna akan diminta mendaftar dan memasukan informasi kartu kredit setelah membuka laman abal-abal tersebut. Setelah itu, uang akan didebit dari kartu pengguna dan data pembayaran dikumpulkan oleh hacker. Seperti yang sudah ditebak, penayangan awal film tidak tersedia, alias tipu belaka.

    Dalam kebanyakan kasus yang dianalisis, peneliti Kaspersky menemukan bahwa Downloaders dapat menginstal program lain yang tidak diinginkan, selain itu terdapat juga Adware bahkan Trojan program berbahaya yang dapat memungkinkan pelaku kejahatan siber melakukan tindakan yang tidak diizinkan oleh pengguna, seperti mengumpulkan informasi, mengubah data atau mengganggu kinerja komputer.

    Baca juga: Waspada Situs Palsu PeduliLindungi

    “Ekspektasi para penggemar sangat tinggi. Setiap orang yang pernah menjadi penggemar Spider-Man memiliki teori masing-masing tentang film ini, dan sayangnya dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber. Melupakan kewaspadaan siber, penonton terburu-buru untuk mengetahui rahasia film, dan penipu menggunakan fanart dan potongan trailer sebagai umpan,” tutur pakar keamanan siber Kaspersky, Tatyana Shcherbakova dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

    Ia melanjutkan, “kami mendorong pengguna untuk waspada terhadap halaman yang mereka kunjungi dan tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi."

    Ada beberapa tips agar kita terhindar dari penipuan dan program berbahaya, apalagi yang memanfaatkan euforia sedunia seperti ini. Simak di bawah ini:

    • Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV. Jika ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan
    • Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan halaman web resmi dan terpercaya untuk menonton atau mengunduh film
    • Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan
    • Perhatikan ekstensi file yang kalian download. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini