icon-category Digilife

November 2022, Google Suntik Mati Aplikasi Chatting ‘Hangout’

  • 29 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Brett Jordan/Unsplash

    Uzone.id - Setelah melebur aplikasi Meet dan Duo, raksasa teknologi Google juga akan menyuntik mati salah satu layanan chatting mereka, Google Hangout pada November 2022 mendatang.

    Google sendiri sudah menyiapkan penggantinya, yaitu Google Chat yang diklaim hadir dengan fitur yang lebih lengkap untuk pengguna Google Workspace.

    Secara bertahap, Google mulai menghapus pelanggan Hangouts for Workspace sejak Februari 2022 lalu, dan kali ini, Google mendorong semua pengguna Hangouts untuk hijrah ke Google Chat dengan batas waktu November nanti.

    Baca juga: Ultimatum Kominfo buat Google, Meta dkk: Daftar PSE atau Diblokir!

    Dilansir dari Digital Trends, Senin, (28/06/2022), untuk memudahkan proses pindahan tersebut, pesan dan kontak dari Hangouts akan muncul di Google Chat secara otomatis.

    Pengguna akan mendapat sebuah pesan yang muncul ketika pengguna membuka Hangouts di browser web. Pesan ini berisi link untuk masuk ke Google Chat dan berisi link informasi tambahan.

    Aplikasi Google Chat ini sudah tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Fitur-fitur yang ada di aplikasi pengganti Hangouts ini antara lain akses yang lebih mudah ke Google Meet dan Google Space. Lalu, di Gmail, fitur Chat ini bisa diaktifkan di sidebar sehingga bisa diakses tanpa buka aplikasi lagi.

    Baca juga: Netflix Hingga Google Terancam Kena Blokir di Indonesia, Kenapa?

    Namun, salah satu yang jadi kekurangannya mungkin ada di panggilan video berdering yang hanya berfungsi di aplikasi seluler Gmail. 

    Google sendiri suka memberikan banyak opsi aplikasi yang justru bikin pengguna jadi bingung (saking banyaknya). Namun, dengan transisi Hangout ke Chat dan meleburnya Duo ke Meet, diharapkan jadi cara Google untuk menyederhanakan semua aplikasinya.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini