Digilife

Nvidia Tak Mau Lagi Support Windows 7 dan 8

  • 14 June 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Nvidia berencana untuk tidak lagi mendukung laptop dengan Windows 7, Windows 8 dan juga Windows 8.1 mulai akhir tahun ini. Driver Nvidia hanya akan tersedia di laptop yang menggunakan Windows 10.

    Rencana ini akan diberlakukan mulai Oktober tahun ini. Namun bagi pemilik laptop yang kadung beroperasi di antara tiga OS Windows tersebut, Nvidia akan memberikan pembaharuan keamanan sampai September 2024. Demikian dilansir dari The Verge, Senin, 14 Juni 2021.

    Langkah Nvidia ini menyusul apa yang telah dilakukan oleh Microsoft. Sebelumnya, perusahaan teknologi ternama milik Bill Gates itu menyatakan akan menghentikan dukungan untuk Windows 7 dan 8, sampai 8.1. Dukungan tersebut akan total berhenti pada Januari 2023.

    Baca juga: Nvidia Akuisisi Arm dari Softbank

    "Sebagian besar pelanggan GeForce kami telah bermigrasi ke OS Windows 10. Untuk memastikan pemilik GeForce mengalami keamanan, dukungan, dan fungsionalitas terbaik, Nvidia sekarang akan fokus pada sistem operasi Windows 10," tulis pihak Nvidia.

    Saat ini tercatat ada 1,3 miliar perangkat aktif yang menggunakan Windows 10. Namun tidak sedikit juga yang masih menggunakan Windows 7 atau 8. Menurut Statcounter diperkirakan masih ada sekitar 15 persen perangkat yang menggunakan Windows 7.

    Windows 10 diperkirakan masih mendominasi pasar OS laptop saat ini. Bahkan pangsa pasarnya diperkirakan masih 93 persen, sedangkan Windows 7 hanya 2 persen.

    Microsoft kabarnya akan meluncurkan OS terbaru dengan nama Windows 11. Kemungkinan OS baru ini akan meluncur di Oktober 2021.

    Driver Nvidia merupakan perusahaan teknologi yang tidak lagi memberikan dukungan pada Windows versi lama. Driver terakhir buatan Nvidia yang akan mendukung Windows versi lama ini akan tersedia sampai 31 Agustus saja. Pada 4 Oktober nanti, Nvidia berjanji akan meluncurkan driver pertama yang hanya mendukung WIindows 10.

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);