icon-category Digilife

Nyaris 19 Juta Views, YouTube Take Down Lagu 'Keke Bukan Boneka' Kekeyi

  • 05 Jun 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - YouTube akhirnya take down atau menghapus video klip 'Keke Bukan Boneka' yang dinyanyikan selebgram Rahmawati Kekeyi Putri Cantika (25) atau dikenal Kekeyi atau Keke pada Kamis (4/6/2020).

    Padahal, kemunculan video 'Keke Bukan Boneka' sempat jadi trending YouTube selama 5 hari dengan meraih hampir 19 juta views.

    Bahkan, video klip berdurasi 3 menit 26 detik itu sempat mengalahkan video klip terbaru Lady Gaga dan BlackPink berjudul 'Sour Candy'.

    YouTube melakukan take down terhadap video Aku Bukan Boneka dalam kanal milik Kekeyi kemungkinan tersandung masalah hak cipta lagu.

    'Keke Bukan Boneka' dituding menjiplak lagu 'Aku Bukan Boneka' yang dinyanyikan Rinni Wulandari atau Rinni Idol saat berada di label milik Sony Music. Penciptanya adalah Novi Umar.

    BACA JUGA: Ditonton 12 Juta Orang, Keke Bukan Boneka Kekeyi Diprediksi Hasilkan Rp696 Juta

    Kekeyi sempat mengklaim 'Keke Bukan Boneka' adalah ciptaannya sendiri.

    Akun Instagram Rinni pun langsung diserbu penggemar Kekeyi karena dianggap biang keladi dihapusnya video 'Keke Bukan Boneka' oleh YouTube.

    Rinni tak bergeming ketika akunnya dibanjiri komentar jahat. Dia lalu memberikan klarifikasi kalau pihak YouTube menghapus lagu Kekeyi bukan faktor dirinya. 



    "Halo semua! Nampaknya ada yang harus diluruskan nih karena membludaknya komentar di postingan social media aku.

    Terkait dengan di take down-nya lagu Keke bukan Boneka adalah di luar kewenangan aku.

    Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka, yang di mana Sony Music sekarang bukan lagi label aku.

    Kenapa ada tulisan "Copyright claim by Rini Idol - Aku Bukan Boneka"? Nah, video yang kena take down sama YouTube selalu mencatut judul lagu dan penyanyia aslinya.

    Jadi nama aku beserta judul lagunya tercantum di situ.

    Semoga teman-teman bisa paham sama apa yang terjadi saat ini. Semoga teman-teman sehat dan bahagia selalu. Love, Rinni Wulandari"

    Dibela Kevin Aprilio

    Beruntung Kekeyi mendapat pembelaan dari musisi Kevin Aprilio yang menyebut lagu 'Keke Bukan Boneka' punya kemiripan yang sedikit dan bukan bagian yang ada nada vokal.

    "Dan belum tentu @rahmawatikekeyiputricantika23 nyadar pas dia bikin part 'aku bukan boneka'?" tulis Kevin menyertakan tangkapan gambar obrolan dia dengan Kekeyi terkait lagu 'Keke Bukan Boneka' di-take down oleh YouTube.

    Kevin kemudian meminta tolong kepada pihak yang melakukan take down untuk menghargai Kekeyi karena susah payak membuat video klip, lagu dan semua aspek lainnya.

    "Wah, parah sih. Seenggaknya ada ngobrol dulu / gimana gitu sebelum take down. Tolong lah liat sisi positifnya orang. Jangan lihat dari satu / dua sisi saja. Orang baik ini," kata Kevin lalu menutupnya dengan tagar #savelagukekey.

     

    VIDEO Asus Resmi Rilis Zenfone 4 Max di Indonesia

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini