icon-category Auto

Oh Begini Toh Proses Pengecatan di Pabrik yang Bikin Mobil Kinclong

  • 31 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Daihatsu

    Uzone.id - Sejago-jagonya ngecat sendiri sebuah mobil, tetap sulit mengalahkan hasil pengecatan pabrikan. Hal itu wajar, karena pabrikan punya teknologi dan teknis tersendiri saat mengecat sebuah mobil.

    Nah, Daihatsu membeberkan bagaimana sebuah mobil menjalani proses pengecatan sehingga ketika di terima konsumen, bodinya sudah kinclong sempurna.

    Secara pengertian dan fungsi, cat merupakan lapisan terluar bodi mobil yang berfungsi untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca dan karat, sekaligus mempercantik tampilan pada eksterior mobil.

    BACA JUGA: Wuling Mini EV Cabrio Dijual Rp180 Jutaan, Sudah Dipesan 150 Ribu Unit

    Perlu diketahui tren warna yang disukai dalam 3 tahun terakhir ini adalah putih, hitam, silver dan grey.

    Dalam perkembangannya, proses pengecetan di industri otomotif diawali menggunakan metode “kuas/brushing”, lalu spraying dengan memanfaatkan udara bertekanan tinggi.

    Kemudian mulai menerapkan teknologi “semi robot”, hingga saat ini proses pengecatan melibatkan “full robotic“ pada keseluruhan bodi mobil.

    Pengecatan yang dilakukan pabrikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggunakan standar manufaktur, yakni Heat Polymerization dengan proses pengecatan yang dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius. 

    BACA JUGA: Spesifikasi Mesin Chery Tiggo 8 Pro

    Perlu diketahui, proses pengecetan manufaktur di ADM memiliki proses 4 tahap, dimulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer & sealing dan lapisan terakhir adalah top coating.

    Selain itu, cat bodi kendaraan juga dapat dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna Solid, Metallic dan Pearl yang memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya tergantung dari kebutuhan.

    “Kami berharap dapat memberikan pemahaman yang baik tentang dasar pengecatan pada mobil,”, ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor dalam siaran pers yang diterima Uzone.id

    VIDEO Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, SUV China Termahal:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini