icon-category Startup

On-Trucks Lahir karena Ketidakpastian Biaya Transportasi Logistik

  • 16 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

    Aplikasi On-Trucks. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

    Uzone.id - Ada masalah cukup kompleks dalam dunia pengiriman logistik di Indonesia. Selain risiko barang hilang, kehadiran makelar turut membuat biaya transportasi logistik tidak pasti.

    Hal itu yang menginspirasi Yohanes Rocky, CEO On-Trucks dan Teguh Siswanto, COO On-Trucks untuk melahirkan On-Trucks. Muncul kali pertama pada 2016, On-Trucks merupakan aplikasi layanan transportasi logistik yang menjawab kebutuhan vendor armada pengiriman barang dan logistik di Indonesia.

    Yohanes dan Teguh memang sudah bergelut di dunia logistik sejak sepuluh atau dua puluh tahun. “Dari sini kita melihat bahwa masalah di Indonesia untuk logistik sangat kompleks, apalagi secara konvensional, yang tadi barang hilang, susah tracking mobilnya, tracing-nya, seperti itu,” ujar Yohanes dalam wawancara khusus dengan Uzone.id.

    Baca juga: Mengenal BigBox, Penyedia Solusi Big Data Asal Indonesia

    Lebih lanjut, ia mengatakan, “Nah dari sini kita mau menjembatani para pelaku logistik ini supaya mereka memiliki standar teknologi, sehingga lebih memudahkan untuk memantau kendaraan.”

    Di samping itu, harga transportasi logistik juga tidak memiliki kepastian alias fluktuatif. Yohanes mengatakan, “Logistik sampai hari ini dari tahun dulu tidak bisa ada patokan, jadi harganya sangat gelap. Nah sering kali orang middleman yang bermain di dalam ini, makanya kenapa harga komoditi kita sangat tinggi.”

    Dengan kehadiran On-Trucks, harga transportasi logistik menjadi mempunya standar. On-Trucks bisa secara langsung menghitung harga untuk menghubungkan ribuan pulau di Indonesia.

    Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Ponsel untuk Tangkal Virus Corona

    “Jadi kalau dicoba dari titik A ke titik B harganya langsung muncul. Ada kepastian, ada patokan, ada standar, Dan kami berharap harga ini bisa dijadikan patokan untuk ke Kementerian Perhubungan, sehingga pelaku dunia logistik tidak terlalu gelap lagi,” ujar Yohanes.

    On-Trucks merupakan salah satu startup yang dibina oleh Indigo Creative Nation (http://indigo.id/), sebuah program startup accelerator milik perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Telkom. On-Trucks masuk program Indigo Creative Nation pada 2017.

    VIDEO: Lo Tim Mana, Earphone Wireless atau Berkabel?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini