icon-category Gadget

Oops! Android Ketahuan Tiru Fitur Battery Health ala iPhone

Bagikan :

Uzone.id - Gak melulu iPhone yang ‘tiru’ fitur yang sudah lama eksis di Android, kadang Android pun baru menghadirkan fitur yang sudah dibawa iOS sejak lama. Salah satu fitur Android terbaru yang terinspirasi dari kemampuan iPhone adalah Battery Health.

Battery Health merupakan fitur bawaan yang sudah lama ada di iOS. Fitur ini dapat menunjukkan kualitas baterai dalam bentuk persentase, dan jika sudah nge-drop, maka pengguna disarankan untuk mengganti baterai iPhone mereka.

Pengguna ponsel Android sebenarnya bisa mengecek daya tahan baterai ponsel, tapi perlu install aplikasi pihak ketiga. Tentu saja, berbagai permission harus diizinkan oleh pengguna agar aplikasi tersebut dapat mengecek kesehatan baterai secara akurat.

Atau, memasukkan kode khusus untuk cek Battery Health di Android. Tapi, informasinya tak selengkap iPhone, dimana iOS sampai menunjukkan tanggal pembuatan baterai dari iPhone pengguna.

Kabar baiknya, seperti dikutip dari Android Authority, pakar sekaligus developer Android bernama Mishaal Rahman menemukan fitur Battery Health ala iPhone di Android 14 QPR2 Beta 2.

alt-img

Fitur ini tersembunyi di bagian Settings dan belum menampilkan fungsi apapun di halamannya. Kendati demikian, Rahman menemukan indikasi kalau fitur Battery Health di Android dapat menunjukkan informasi seperti estimasi daya maksimal dibandingkan saat baterai masih baru.

alt-img

Sama seperti iPhone, fitur ini juga bakal memberikan notifikasi ketika daya tahan baterai terus menurun alias drop hingga saat baterai tidak terdeteksi sama sekali. 

Juga, halaman Battery Health pun akan mengirimkan semacam tips ketika baterai ponsel mengalami beberapa masalah, termasuk saat daya tahannya terus-menerus menurun.

Belum diketahui kapan pastinya fitur Battery Health ini di-embed langsung ke sistem operasi Android. Rahman berharap, Battery Health akan jadi fitur bawaan pada Android 15 yang rilis tahun depan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini