icon-category Gadget

OPPO Indonesia Buktikan A95 Punya Komponen Berkualitas

  • 22 Dec 2021 WIB
Bagikan :

Uzone.id - OPPO Indonesia melakukan sesi teardown komponen jeroan di A95. Smartphone untuk kelas menengah itu dipreteli dan dibuka satu persatu bautnya untuk menunjukkan beragam part yang ada. Lalu apa isinya?

Ketika casing belakang terbuka, ada beberapa bagian yang harus dipreteli dulu satu per satu. Mulai dari baut kecil, antena RF, hingga modul yang bertengger di dalamnya, salah satunya adalah PCB. Tak lupa juga ada kamera belakang, serta audio jack yang menyatu bersama speaker dan buzzer.

Event bongkar perangkat A95

Yang menarik, sensor kamera dengan lampu LED ternyata diletakkan terpisah. Hal ini dilakukan, diakui pihak OPPO Indonesia, dikarenakan A95 menyasar segmen kelas menengah yang harganya lebih terjangkau. Artinya, jika satu komponen rusak, hanya satu saja yang dibayar.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Akhir Tahun

"Dengan begitu, biaya penggantian komponen bisa lebih murah. Semisal kalau hanya lampu flash yang rusak, tak perlu membayar sensor kamera belakang," ujar PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto.

Tak hanya itu, untuk layanan purna jual, OPPO juga tidak membebankan biaya pembongkaran perangkat di Service Center. Pasalnya, kembali lagi ke peruntukkan OPPO A95 yang ditujukan ke kelas menengah sehingga biaya servis pun menjadi lebih terjangkau.

ilustrasi sertifikasi

Diketahui, para SDM di service center OPPO diklaim sebagai ahlinya. Bahkan untuk melakukan pembongkaran saja harus mendapatkan sertifikasi khusus. Proses untuk mendapatkan sertifikasi tersebut cukup ketat, di mana ada dua standar tingkatan yang bisa diraih, yakni tingkat satu dan dua. Tidak ada perbedaan tugas kerja secara spesifik, alias semua teknisi bisa mengerjakan semua proses layanan purnajual. Dengan menerapkan standar yang tinggi, termasuk alat yang digunakan untuk melepas dan memisahkan tiap komponen ketika proses pembongkaran.

Baca juga: Cara Tambah RAM Sampai 5GB di OPPO A95

Proses sertifikasi untuk para teknisi OPPO Service Center diadakan setiap enam bulan, dan bila mereka masih gagal untuk menyelesaikan prosesnya, masih diberikan kesempatan dalam batch berikutnya. Pengujiannya sendiri dipantau langsung oleh pabrik pusat dari Dongguan, China. Dipantau secara daring termasuk sesi wawancara langsung.

Sesi bongkar perangkat

Dengan teknisi yang sudah disertifikasi, konsumen tak perlu khawatir terhadap kualitas SDM yang ada di OPPO Service Center. Termasuk memberikan transparansi proses perbaikan, alias bisa dilihat langsung oleh konsumen, tidak hanya dalam sesi khusus kali ini. Secara cepat dan terampil, Ayu membongkar perangkat OPPO A95 yang sebelumnya sudah dipanaskan melalui sebuah alat khusus, untuk mempermudah pembongkaran back cover.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini