icon-category Technology

Goks, Kamera Depan Oppo ‘Sembunyi’ di Bawah Layar

  • 27 Jun 2019 WIB
  • Bagikan :

     (Foto: Engadget)

    Uzone.id -- Inovasi kamera dari Oppo semakin beragam, khususnya untuk ngumpetin kamera depan. Setelah tren pop-up cameraprodusen asal China ini punya sesuatu yang baru.

    Oppo memanfaatkan acara MWC Shanghai, China baru-baru ini untuk memamerkan teknologi yang diberi nama under-screen camera. Sesuai namanya, kamera depan dibenamkan di bawah layar ponsel. 

    Berbeda dengan teknologi punch-hole camera Galaxy S10 dari Samsung yang secara jelas memperlihatkan ada semacam ‘bolong’ di bagian pojok kanan atas layar untuk kamera, teknologi Oppo ini membuat layar ponsel gak ‘dinodai’ oleh apapun.

    Baca juga: Oppo Bantah Jajal OS HongMeng Milik Huawei

    Dari yang Oppo pasarkan, karakter dari under-screen camera ini mampu membuat tampilan ponsel gak diganggu oleh notch, bezel tebal, hingga mekanisme kamera yang naik-turun.

    Mengutip berbagai sumber, jika ponsel Oppo dalam keadaan standby, layarnya akan terlihat bersih. Sedangkan kalau kita perhatikan dari dekat, bakal tampak area penempatan kamera di bawah layar.

    (dok. Oppo)

     

    Fitur ini, menurut Oppo, menggunakan material yang memiliki tingkat transparansi super tinggi, serta membunuhkan struktur pixel yang harus dirancang sedemikian rupa agar transmisi cahayanya bisa lebih baik.

    Dengan kata lain, untuk mewujudkan kamera tersembunyi ini membutuhkan panel layar yang dikustomisasi, sebab panel layar yang sudah ada selama ini gak mendukung. Secara umum, panel layar yang sudah sering dipakai oleh brand ponsel pintar hanya cocok bagi pemindaian sidik jari.

    Baca juga: Kesan Menggenggam Oppo Reno, Ponsel Kamera 'Segitiga'

    Kamera tersembunyi di bawah layar ini juga disebut-sebut mengusung resolusi lebih besar, tentunya lengkap dengan diafragma yang juga besar agar dapat menangkap cahaya sebanyak mungkin.

    (dok. Oppo)

     

    Teknologi kamera ini turut dibekali algoritma kustom yang diklaim sanggup menghilangkan kabut, algoritma untuk white balance, serta tak lupa filter-filter pendukung khas Oppo seperti AI Beauty.

    “Fungsi smartphone sudah lebih banyak, konsumen juga punya demand yang tinggi untuk tampilan layar lebih luas. Dari layar waterdrop, sampai pivot camera pada Oppo Reno, teknologi under-screen camera ini menjadi bukti Oppo telah mengeksplorasi inovasi perangkat-perangkatnya,” ucap Qiao Jiadong selaku Manajer Produk Oppo dalam pernyataan resminya yang diterima Uzone.id, Kamis (27/6).

    Sebelumnya, teknologi kamera tersembunyi di bawah layar ini sempat disebut akan dikembangkan oleh Xiaomi namun belum ada kelanjutan kabar lagi. Selain itu, ada juga rumor yang menyatakan, teknologi under-screen camera ini bakal dihadirkan oleh Galaxy Note 10, namun tampaknya pihak Samsung masih enggan berkomentar soal ini.

    Tonton video hands-on Oppo Reno:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini