home ×
Gadget

Oppo Siapkan Investasi USD1,43 Miliar untuk AI, IoT dan 5G

11 March 2020 By
Oppo Siapkan Investasi USD1,43 Miliar untuk AI, IoT dan 5G
Uzone

Ki-ka: Wapemred Uzone.id Susetyo Dwi Prihadi, GM Fleet Management Telkomsel Arief Teguh Hermawan, PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto, External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, Kasubdit Standardisasi Teknologi Informasi Andi Faisa Achmad (Foto: Uzone.id/Sarie)

 

Uzone.id - Bisnis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) memang pasarnya masih kecil saat ini karena belum banyak yang bersinggungan langsung. Pasarnya masih sekedar B2B namun diperkirakan akan menjadi besar dalam kurun beberapa tahun mendatang.

Yang melihat pangsa pasar besar ini adalah produsen smartphone Oppo. Menurut mereka sudah saatnya bertransformasi menjadi perusahaan teknologi. Bahkan mereka pun telah menyediakan invetasi yang besar untuk teknologi masa depan.

"Kami telah menyiapkan investasi sampai  USD1,43 miliar untuk riset dan pengembangan AI, IoT dan 5G. Ini sebenarnya sudah kita mulai sejak 2018 lalu," ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, dalam diskusi 'Trend AI dan IoT di Indonesia' yang diinisiasi Forum Wartawan Teknologi Indonesia, di Senayan, Jakarta, kemarin.

Baca juga: Tips Bikin InstaStory dengan Latar Warna Sesuka Hati

Dikatakan Aryo, AI sejatinya bukanlah barang baru bagi perusahaannya. Sejak 2015 mereka telah menggunakan AI pada kamera Oppo F5. Kala itu, antusiasme-nya cukup besar sehingga penjualannya cukup laku keras.

Kemudian langkah membenamkan AI pada kamera dilanjutkan di seri F berikutnya. Di 2018, mereka juga sempat meluncurkan virtual asisten berbasis AI dengan nama Breeno. Namun terbatas digunakan di China saja

Sedangkan untuk IoT, Oppo baru memulainya di 2019. Nantinya, Breeno akan menjadi connection center untuk semua perangkat smarthome Oppo yang berbasis IoT. Tepatnya, akan digunakan di OPPO 5G CPE Omni.

Baca juga: Jajal Kamera Oppo Find X2 di Ruangan Gelap

Perangkat IoT yang sudah disiapkan Oppo tak hanya Oppo Watch, tapi juga AR Glass, Router 5G dan True Wireless Stereo (TWS) Enco Free.

Oppo sejatinya telah mengembangkan perangkat 5G sejak 1 April 2015. Kemudian pada 2019 meluncurkan salah satu ponsel komersial Oppo reno 5G. Di tahun yang sama ada uji panggilan 5G pertama di Indonesia pada 28 November 2019, dengan menggunakan smartphone 5G tersebut.

"Makanya, mulai sekarang jika mendengar nama Oppo kita ingin dikenal sebagai penyedia perangkat 5G, IoT dan AI," ujar Aryo.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 15 March 2020 | 20:17:28

banyak sekali dana yang di keluarkan nya mungkin untuk perkembangan

Miskin aman 13 March 2020 | 06:25:18

cukup banyak juga dana yang di butuhkan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article