icon-category Technology

Orang di Balik Keindahan Produk Apple (Akhirnya) Hengkang

  • 28 Jun 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Jony Ive bersama Tim Cook saat peluncuran iPhone XR pada September 2018/dok. Apple)

    Uzone.id -- Ada kabar yang mengejutkan industri teknologi Silicon Valley, San Francisco, Amerika Serikat. Setelah bekerja untuk Apple hampir selama 3 dekade, Chief Design Officer Apple, Sir Jony Ive memutuskan untuk angkat kaki dari perusahaan.

    Nama Ive sudah begitu melekat dengan perusahaan Apple. Dia memang bukan CEO, tapi perannya bagi perusahaan sangat krusial karena bertanggung jawab atas desain dan tampilan dari produk-produk Apple yang selama ini kita kenal.

    Berita ini diumumkan langsung oleh Apple melalui situs resminya.

    “Jony [Ive] adalah sosok istimewa di dunia desain dan perannya bagi kebangkitan Apple tidak bisa dilebih-lebihkan, mulai dari terobosan iMac pada 1998, hingga iPhone dan Apple Park yang begitu ambisius serta menguras energi dan ketelitiannya,” ucap CEO Apple, Tim Cook dalam pernyataan resminya.

    Cook melanjutkan, “Apple akan terus memanfaatkan talenta Jony dengan bekerja sama dengannya secara langsung di proyek-proyek eksklusif, serta tim desain yang telah dia bangun. Setelah bekerja bareng selama bertahun-tahun, saya bahagia hubungan ini akan berkembang terus dan tak sabar bekerja dengannya di masa depan.”

    Baca juga: Salip Google dan Apple, Amazon Jadi Brand Paling Berharga di Dunia

    Sebagai perubahan setelah hengkangnya Ive dari Apple, nantinya yang akan melakukan laporan ke Chief Operating Officer Apple, Jeff Williams adalah Vice President of Industrial Design Evan Hankey dan Vice President of Human Interface Design Alan Dye.

    Dye dan Hankey selama ini telah berperan dalam kepemimpinan tim desain Apple selama bertahun-tahun. Sementara Williams yang menjadi komando pengembangan Apple Watch dan bakal menghabiskan waktu bersama tim desain.

    “Setelah nyaris 30 tahun dan berbagai proyek, saya bangga atas karya abadi yang telah kami capai untuk menciptakan tim desain, proses, dan kultur di Apple. Hari ini akan lebih kuat, lebih berwarna, dan lebih bertalenta dari titik apapun di dalam sejarah Apple,” ucap Ive.

    Dia menyambung, “tim desain akan terus berkembang di bawah kepemimpinan Evans [Hankey], Alan [Dye], dan Jeff [Williams], tiga kolaborator yang sangat dekat dengan saya. Saya percaya pada kolega desain di Apple sepenuhnya, mereka semua tetap teman-teman dekat saya, dan saya menanti untuk bekerja sama dengan mereka di tahun-tahun yang akan datang.”

    (Jony Ive. Foto: The Verge)

     

    Ive pertama kali diberi tugas sebagai konsultan oleh Kepala Desain Industri Apple Robert Brunner pada 1992. Saat itu, Ive bekerja di Apple sebagai karyawan paruh waktu. 

    Setelah fokus di Apple, Ive nyaris ikutan hengkang saat Steve Jobs dipecat. Namun, bos desain kala itu, Jon Rubinstein menahan Ive dan meyakinkannya bahwa Apple akan mencatat sejarah baru setelah bangkit.

    Setelah Jobs kembali ke Apple pada 1997, Ive memegang jabatan Vice President Senior Design dan memimpin proses desain perangkat-perangkat khas Apple seperti iMac, iPod, iPhone, dan iPad.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini